Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tips Untuk Menyelamatkan Laptop Yang Ketumpahan Air

[Foto: pcworld.com]
Waduh, jadi Anda tidak sengaja menumpahkan air pada laptop Anda? Hal ini tentunya bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani secara optimal. Tapi, jangan dulu panik. Segera lakukan langkah-langkah pertolongan pertama di bawah ini:


  • Sesegera mungkin matikan laptop Anda. Berhubung semakin cepat semakin baik, tidak apa-apa jika Anda tidak menggunakan opsi shut down pada laptop. Tekan dan tahan tombol Power pada laptop agar laptop Anda langsung mati. Setelah itu, segera lepaskan baterai laptop Anda sebelum cairannya mencapai baterai dan menyebabkan kerusakan yang lebih.
  • Lepaskan semua sambungan eksternal yang terhubung dengan laptop. Mulai dari kabel chargerflashdisk, hingga kartu memori eksternal, pastikan semuanya tidak terhubung lagi pada laptop Anda.
  • Bersihkan cairan yang ada di permukaan laptop. Gunakan kain atau bahan yang dapat menyerap cairan dengan baik, seperti tissue atau handuk. Hindari melakukan gerakan menyapu ke samping, dan lakukan gerakan menepuk secara perlahan untuk menghindari agar cairan tidak menyebar ke tempat lain. Dengan begini, kain maupun tissue yang digunakan bisa lebih efektif dalam menyerap air.
  • Biarkan laptop Anda mengering dalam keadaan terbalik. Hal ini mempermudah cairan untuk keluar dari sela-sela laptop Anda.
  • Anda dapat menggunakan hair dryer untuk membantu proses pengeringan. Tapi, ingat! Gunakan pengaturan suhu yang paling dingin. Pusatkan perhatian Anda pada wilayah yang sulit dijangkau seperti keyboard.
  • Jangan gunakan laptop Anda selama 24 jam. Hal ini sangat dianjurkan guna menghindari konslet pada laptop.
  • Setelah dikeringkan, cobalah menyalakan kembali laptop Anda. Jika masih belum bisa menyala, segera hubungi tempat reparasi laptop. Jangan mencoba untuk membongkar sendiri laptop Anda kecuali jika Anda memang merupakan ahli di bidangnya atau sudah berpengalaman melakukannya.

Perlu dicatat, ada kemungkinan langkah-langkah ini tidak akan sepenuhnya berhasil jika cairan yang tumpah itu bersifat manis seperti cairan kopi atau jus. Seperti yang diketahui, cairan gula cenderung lengket jika kering dan tidak akan sepenuhnya kering. Tapi kalau yang tumpah adalah air biasa, maka peluang untuk selamatnya juga akan semakin besar. Semoga laptop Anda bisa terselamatkan dengan cara ini, ya!