Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Touchpad Laptop Kamu Error? Ini Cara Untuk Memperbaikinya

Ketika touchpad laptop kamu tidak berfungsi merespons jari pasti Anda akan langsung panik dan membayangkan betapa mahalnya membetulkan laptop kesayangan. Jangan panik, hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan me-reboot laptop kamu. Memang langkah ini sangat menjengkelkan karena mesti menghilangkan data-data namun layak untuk dicoba.

Bila memang cara tersebut tidak berhasil Anda perlu memastikan apakah tidak sengaja menekan kombinasi tombol untuk menonaktifkan fitur touchpad. Kadang kala hal ini terjadi pada pengguna yang sedang mengetik dengan cepat dan tanpa sadar menahan tombol FN. Nah, bila memang masih ditemukan error maka cara bawah ini bisa Anda coba.

  1. Periksa Keyboard

[Sumber: https://www.upstation.id]
Selain tombol kombinasi dengan FN terkadang tersedia pilihan otomatis untuk mengontrol touchpad di keyboard komputer atau laptop. Periksa keyboad dan perhatikan ikon kecil (biasanya berwarna biru) pada beberapa tombol dari F1 – F12. Lihat logo yang mengidentifikasikan keyboard.

Sayangnya, tidak semua ikon touchpad mudah dikenali. Misalnya di Lenovo X220 Anda dapat menemukan ikon tersebut di tombol F8. Sementara untuk Lenovo Yoga 900 yang lebih baru, terletak di F6. Silahkan cari di laman pencarian atau buku petunjuk perangkat Anda.

Baca Juga:  Lenovo Berencana Luncurkan Pilihan ThinkPad yang Lebih 'Fresh' Tahun 2017

  1. Periksa Pengaturan Panel Sentuh

[Sumber: https://www.pcworld.com]
Anda dapat memeriksa pengaturan panel sentuh pada Windows 7 atau 8. Caranya masuk ke menu ‘Start’ atau ketik di kolom pencarian mouse setting. Pilih ‘Change Mouse Setting’. Bila Anda menggunakan Windows 10 maka silahkan masuk ke ‘Settings’ pilih ‘Device’ lalu ‘Touchpad’. Anda akan dibawa ke laman pengaturan dan periksa apakah ada yang salah.

Bila Anda menggunakan sistem operasi OS maka klik logo Apple yang terletak di pojok kanan lalu pilih ‘System Preference’. Klik ‘Track Pad’ dan akan tersedia opsi pengaturan, periksa apa ada yang tidak tercentang.

  1. Membersihkan Debu

Salah satu penyebab bisa jadi karena touchpad Anda kotor akibat debu atau minyak di jari. Hal ini lumrah terjadi dan dapat menimbulkan sensitivitas touchpad berkurang. Bersihkan dengan menggunakan kain kanebo . Sebaiknya Anda rajin-rajin membersihkan perangkat secara berkala.

  1. Driver Tidak Update atau Terinstall

Ada baiknya sebelum Anda memutuskan mengganti perangkat touchpad lihatlah saat tidak dapat digunakan aplikasi apa yang sedang digunakan. Terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak built-in dengan driver jadi touchpad Anda tidak bekerja ketika menggunaka aplikasi tersebut.

  1. Ganti Perangkat
Baca Juga:  Apa Sih yang Dimaksud "Buzzer" di Media Sosial?

Bila memang tidak ditemukan kejanggalan pada pengaturan perangkat Anda. Maka mau tidak mau Anda harus mengganti touchpad dengan yang baru. Karena bisa jadi memang telah rusak atau konslet. Segera bawa ke tempat perbaikan terpercaya.

Jika harga terlalu mahal, Anda dapat mengganti fitur touchpad dengan mouse ekternal untuk sementara.