Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Trik untuk Sembunyikan File dan Folder dari Hasil Pencarian Windows 10

[Gambar: lifewire.com]
Pernahkah Anda menyimpan data pribadi atau data penting pada PC Windows Anda? Saya menjamin mayoritas orang memiliki file semacam itu pada PC nya, baik itu berkas perusahaan yang bersifat confidential atau mungkin foto-foto memalukan Anda semasa jaman masih sekolahan. Biasanya, kita tidak ingin data-data tersebut mudah ditemukan dengan alasan privasi dan sebagainya.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui sebelumnya, pada Windows 10, fitur pencarian pada Start menu, taskbar, atau Cortana dapat mencari file maupun folder pada PC Anda. Dengan pengaturan default, hasil pencarian akan menampilkan file dan foder pada desktop, pictures, documents, downloads, music, dan folder lain yang ada pada folder profil Anda. Lalu, bagaimana jika Anda ingin menyembunyikan folder tertentu agar tidak muncul pada hasil pencarian? Atau mungkin Anda ingin menjaga agar sebuah file pada suatu folder tidak muncul dalam hasil pencarian? Tenang saja, Anda bisa kok melakukannya dengan mudah.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, secara default, Windows 10 akan mengindeks semua file dan folder di bawah folder profil pengguna Anda. Karena itu, file dan folder di desktop, pictures, documents, downloads, dan music akan muncul di hasil pencarian. Jika Anda ingin menyembunyikan file dan folder dari hasil pencarian, Anda perlu melakukan deindex pada lokasi atau folder tertentu.


Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan bagaimana caranya melakukan proses indexing dan deindexing agar Anda dapat mencegah file dan folder tertentu muncul pada hasil pencarian di PC Windows 10 Anda.

Cara menyembunyikan file dan folder dari hasil pencarian Windows 10

Langkah 1: Di kolom pencarian pada  Start menu / taskbar, ketik Indexing Options, kemudian tekan tombol Enter untuk membuka kotak dialog Indexing Options.

Langkah 2: Di sini, Anda bisa melihat semua lokasi yang termasuk ke dalam hasil pencarian. Lalu, klik tombol Modify.

Langkah 3: Untuk saat ini, Anda akan melihat bahwa semua drive dipilih. Pada bagian Change selected locations, klik dua kali  pada ikon Windows 10 drive Anda untuk melihat rangkaian folder. Hilangkan tanda centang pada folder yang tidak ingin Anda lihat pada hasil pencarian. Kemudian klik OK. Jika Anda ingin menyembunyikan semua file dan folder dari hasil pencarian, hilangkan tanda centang pada semua folder kecuali folder Start Menu, kemudian klik tombol OK.

Langkah 4: Pada bagian utama Indexing Options, klik tombol Advanced. Anda perlu jadi admin untuk mengakses opsi ini. Jika Anda bukan admin, masukkan akun admin saat diminta untuk melanjutkan.

Langkah 5: Pada bagian Troubleshooting, klik pada tombol Rebuild. Lalu, klik tombol OK untuk mulai membangun kembali indeks yang baru. Perlu dicatat, Anda juga bisa memperbaiki masalah terkait pencarian dengan membangun kembali atau rebuild indeks yang ada. Proses rebuilding ini akan memakan waktu yang cukup lama, jadi mungkin tetap akan ada beberapa file atau folder yang tetap muncul di pencarian sebelum proses ini selesai.