Tips & Guide

Trik WhatsApp yang Mungkin Anda Belum Tahu

Walaupun di pertengahan Juni 2015 lalu Jana menyebutkan bahwa BBM masih menjadi aplikasi chat paling populer di Indonesia, tidak bisa dipungkiri pertumbuhan pengguna WhatsApp di Indonesia semakin hari semakin besar. Namun masih ada beberapa tips dan trik penggunaan WhatsApp yang belum diketahui sebagian orang.

Tebal, Miring, dan Coret

Font di WhatsApp sekarang bisa dibikin tebal, miring, dan coret. Bagaimana cara membuatnya? Mudah saja:

  • Apit dengan tanda bintang untuk membuatnya tebal. Contohnya *seperti ini*.
  • Apit dengan underscore untuk membuatnya miring. Contohnya _seperti ini_.
  • Apit dengan tilde untuk membuatnya dicoret. Contohnya ~seperti ini~.

Mematikan Centang Biru

Tidak semua orang suka fitur centang biru di WhatsApp. “Kepo amat sih, mau saya baca atau belum, atau sudah saya baca tapi gak mau segera saya balas, ya urusan saya toh,” begitu pikir sebagian orang. Nah, centang biru ini sebenarnya bisa dimatikan. Begini Caranya:

  • Ketuk gambar tiga buah titik di kanan atas.
  • Ketuk menu Settings.
  • Masuklah ke Account > Privacy.
  • Non-aktifkan opsi Read receipts.

 

Menyembunyikan Last Seen

Mirip seperti di atas, tidak semua orang juga suka kalau diketahui kapan terakhir dia online. Untuk menyembunyikan status Last Seen, masuklah ke Settings > Account > Privacy, lalu pada bagian Last Seen, ubahlah nilainya dari Everyone menjadi Nobody.

Menandai Pesan Penting

Di grup WhatsApp yang Anda ikuti seringkali ada anggota yang mengirimkan pesan penting atau tips bermanfaat. Namun karena grup tersebut sangat aktif, pesan bermanfaat tadi dengan cepat “hilang” dan Anda harus scroll jauh ke atas untuk menemukannya kembali.

Supaya pesan penting seperti itu mudah ditemukan kembali, Anda dapat menandai pesan tersebut. Di Android, cara menandai pesan adalah dengan menekan suatu pesan dalam jangan waktu agak lama hingga pesan tersebut seperti ditimpa sebuah lapisan warna tertentu (umumnya biru) dan pada keadaan demikian tekan tombol bertanda bintang yang muncul di bagian atas. Di Windows Phone, cara menandai suatu pesan adalah dengan menekan pesan tersebut dalam jangka waktu agak lama hingga muncul menu, pilih Star pada menu tersebut.

Anda bisa menandai banyak pesan sekaligus, tidak terbatas hanya satu pesan saja. Setelah ditandai, pesan tadi dapat dibuka kembali dengan mengakses tiga titik di atas > starred messages.

Kalau pesan tadi sudah tidak dianggap penting lagi bagaimana? Ya mudah saja, tinggal dihilangkan penandanya. Caranya sama dengan cara menandai, hanya saja sekarang tombol bergambar bintang menjadi bintang dicoret atau menu yang muncul adalah unstar.

Melihat Siapa Yang Sudah Baca Pesan di Grup

WhatsApp selalu memberikan fasilitas bagi orang-orang kepo. Kalau saat melakukan chat secara japri Anda bisa mengetahui apakah pesan sudah dibaca dengan tanda centang biru (kecuali sudah dinonaktifkan seperti dibahas sebelumnya), di gruppun Anda bisa mengetahui siapa saja yang sudah membaca pesan Anda.

Untuk Android, setelah mengirimkan pesan di grup, tekan pesan tersebut agak lama dan tekan tombol bergambar huruf i kecil dalam lingkaran. Untuk Windows Phone, setelah mengirimkan pesan di grup, tekan pesan tersebut agak lama hingga muncul menu, pilih info.

Dengan melakukan hal tersebut, akan muncul daftar Read by dan Delivered to. Daftar orang yang muncul di bawah read by berarti telah membaca pesan tersebut sedangkan daftar orang di bawah delivered to berarti sudah menerima pesan tetapi belum membacanya.

Mematikan Media Auto Download

Untuk menghemat kuota paket data internet, Anda bisa menonaktifkan fitur media auto download. Jadi saat Anda menerima media seperti gambar, audio, atau video, media tersebut tidak langsung diunduh. Cara menonaktifkan fitur tersebut di Windows Phone adalah dengan masuk ke Settings > Chat and Calls > Media Auto Download. Di situ Anda bisa menentukan kapan setiap media akan otomatis diunduh. Ada empat opsi yang tersedia, yaitu:

  • Never (matikan unduh otomatis).
  • Wi-Fi (hanya saat berada di jaringan Wi-Fi).
  • Wi-Fi and cellular (saat berada di jaringan Wi-Fi dan seluler).
  • Wi-Fi, cellular, roaming (saat berada di jaringan Wi-Fi dan seluler serta berada pada posisi roaming).

Sedangkan untuk Android, caranya adalah masuk ke Settings > Data Usage. Di situ ada setingan media auto-download berdasarkan kondisi tertentu, yaitu:

  • When using mobile data (saat menggunakan paket data seluler).
  • When connected on Wi-Fi (saat terkoneksi ke Wi-Fi).
  • When roaming (saat roaming).

Pada setiap kategori, terdapat opsi pilihan media yang diijinkan untuk diunduh secara otomatis.

Tidak Mengirim Pesan Bila Menekan Enter

Satu hal yang kadang menjengkelkan pengguna WhatsApp adalah pesan yang terkirim ketika tak sengaja menekan tombol Enter atau bisa jadi memang sengaja menekan namun maksudnya adalah ganti baris. Padahal pesan tersebut sebenarnya belum selesai diketik. Untuk mengatasinya, non aktifkan saja opsi Enters sends a message.

  • Pada Windows Phone, buka Settings > Chat and Calls, lalu matikan opsi Enters sends a message.
  • Pada Android, buka Settings > Chats, lalu matikan opsi Enter is send.

Tulisan ini aslinya dibuat oleh Yahya Kurniawan -seorang praktisi dan penulis dunia IT. Tulisan ini dipublikasikan di blognya YahyaKurniawan.net.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID