News

Tumblr Kini Mendukung Layanan Video Live Streaming

[Gambar: fastcompany.com]
Rabu lalu (22/06/2016), Tumblr resmi meluncurkan layanan video live streaming. Namun, tidak seperti Facebook yang membangun platform live streaming sendiri dengan layanan Facebook Live-nya, Tumblr ‘hanya’ akan berintegrasi dengan platform-platform yang sudah ada seperti YouTube, YouNow, Kanvas, dan Upclose.

Kini, pengguna Tumblr sudah bisa menyiarkan video live-nya dari platform-platform tersebut, langsung dari blog Tumblr mereka. Selain itu, mereka juga bisa memberi notifikasi kepada follower mereka sehingga video mereka bisa langsung ditonton melalui situs ataupun aplikasi Tumblr. Kapanpun mereka menyiarkan video secara langsung (live), video itu akan langsung disematkan di bagian paling atas halaman Tumblr para follower mereka.

Langkah Tumblr untuk berintegrasi dengan berbagai platform penyedia layanan video streaming ini dianggap sebagai langkah yang tepat, mengingat sudah banyak platform streaming yang tersedia. Langkah ini juga dinilai dapat menghemat banyak waktu dan uang.

Seperti keterangan yang dilansir The Verge, tujuan dari integrasi ini adalah untuk menjadikan Tumblr sebagai pusat video livestream dan untuk memberikan keleluasaan bagi para pembuat video untuk memilih platform apapun yang mereka inginkan di luar Facebook Live, Periscope, dan Twitch. Meski tanpa dukungan dari Facebook dan Twitter, Tumblr yang telah bekerja sama dengan berbagai media dan organisasi seperti Mashable, Refinery29, MTV, dan The Huffington Post ini percaya bahwa layanan video live-nya bisa menawarkan fitur-fitur yang lebih variatif kepada jutaan pengguna aktifnya dibandingkan fitur-fitur yang ditawarkan Facebook Live dan Periscope.

Seperti layanan video live streaming lainnya, setelah sebuah video live selesai mengudara, pengguna bisa menyimpan video itu di halaman Tumblr mereka seperti postingan video biasa agar bisa ditonton lagi di lain waktu.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID