Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Turunkan Kolesterol Saat Idul Adha, Konsumsi Makanan Berikut Ini

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu di Hari Raya Idul Adha adalah waktunya untuk menyantap makanan serba daging, mulai dari daging sapi sampai kambing. Akan tetapi ada masalah lain yang mungkin muncul jika Anda berlebihan mengonsumsinya yaitu tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
 

10 Makanan Penurun Kolesterol

Selama Anda tidak berlebihan mengonsumsinya, sebenarnya daging kambing maupun sapi tidak akan memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Namun, jika Anda khawatir akan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh Anda setelah menyantap daging, siapkan beberapa makanan penurun kolesterol berikut ini.
 

1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Selain oatmeal, serat larut juga dapat ditemukan pada kacang merah, pisang, apel, dan pir. Cara kerja serat larut adalah mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, sehingga tidak menumpuk di dalam pembuluh darah.
 

2. Buah Apel

Apel merupakan salah satu makanan penurun kolesterol karena mengandung serat larut dan tidak larut yang sangat besar. Selain itu, tubuh juga akan lebih sehat jika mengonsumsi buah ini secara teratur.
 
Serat yang terkandung dalam buah apel ini saling bekerja sama dalam proses menurunkan kolesterol tinggi, membantu mencegah arteri yang mengeras, dan juga membantu mencegah penyakit stroke dan jantung.
 

3. Bayam

Bayam mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu, bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat jus. Dianjurkan makan semangkuk sup bayam atau segelas jus setiap hari. Selain kolesterol, bayam juga menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.
 
 

4. Ikan Salmon

Ikan salmon akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, juga mengandung EPA dan DHA yang baik bagi kesehatan jantung. Agar kolesterol tidak meningkat, hindari memasak dengan minyak, gunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak.
 
Ikan salmon memiliki omega-3 untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL). Ikan Salmon bisa dikonsumsi dalam bentuk masakan sekitar 2 porsi dalam seminggu. 
 

5. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.
 
Kacang panjang akan mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Jenis kacang-kacangan (seperti kacang mede, walnut, 
hazelnut) kaya vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk kesehatan jantung.
 
Namun jangan makan kacang-kacangan yang sudah diberi garam dan gula. Konsumsi jenis kacang-kacangan secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol.
 

6. Buah Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu jenis buah yang mengandung asam oleat dan juga lemak tidak jenuh di dalamnya. Selain itu juga kandungan serat pangan yang ada di dalamnya dapat membantu untuk meningkatkan kolesterol baik dan sehat dan menurunkan kolesterol jahat. 
 
Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, maka Anda bisa mengonsumsi buah alpukat untuk dijadikan sebagai makanan penurun kolesterol.
 

7. Gandum

Sereal dari gandum adalah salah satu jenis makanan penurun kolesterol selanjutnya. Kemampuannya yang sangat baik dalam membantu menurunkan kolesterol, trigliserida darah, serta bekerja untuk membantu mengatur kadar gula darah di dalam tubuh yang berhubungan dengan penyakit diabetes.
 
Studi menunjukkan bahwa pengaruh buruk akibat kolesterol tinggi bisa dikurangi dengan mengonsumsi beta-glucan, sebagai salah satu jenis serat yang terkandung di dalam gandum.
 

8. Ikan

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan kembung, sarden, tuna dan salmon. Selainkan menurunkan tingkat kolesterol jahat, omega-3 juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak akibat serangan jantung.
 
 

9. Beras Merah

Beras merah sangat dicari oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, beras merah juga bisa membantu menurunkan kadar lemak darah karena adanya serat tinggi di dalamnya yang akan membantu menurunkan gula darah. Nutrisi lainnya yang terkandung di dalam beras merah adalah jenis vitamin B, selenium, magnesium, serta fitonutrien.
 

10. Bawang Putih

Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri. Sebaiknya konsumsi bawang putih mentah ke dalam salad atau menu makanan lain. 
 
Itulah beberapa makanan penurun kolesterol yang dapat Anda konsumsi di Hari Raya Idul Adha agar terhindar dari bahaya kolesterol tinggi. Perhatikan juga gaya hidup sehat seperti berolahraga secara teratur serta menjauhi rokok dan alkohol.