Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tutorial: Cara Beli Buku Digital di Amazon dengan Kindle

[Sumber: Techcrunch.com]
Kindle adalah produk yang berasal dari Amazon, tersedia dalam bentuk perangkat lunak maupun keras. Bagi pembaca buku di Indonesia sendiri, produk ini masih jarang didengar karena terdapat beberapa layanan sejenis yang lebih mudah digunakan, seperti Google Play Books, Apple iBooks, Scoop dan Wayang.

Aplikasi ini terhubung langsung dengan toko online Amazon, dimana pengguna akan mudah membeli buku dan tersimpan langsung di aplikasi Amazon Kindle dan/atau perangkat keras Kindle.

Nah, layanan aplikasi Amazon Kindle ini tersedia secara gratis untuk iPhone, Android, serta Mac dan PC. Anda dapat mengunduhnya di https://www.amazon.com/kindle-dbs/fd/kcp.

Lantas, apa sih Kindle yang berbentuk fisik itu?

Baca Buku Semakin Nyaman Dengan Kindle

Kindle merupakan perangkat keras yang awal mulanya digunakan hanya untuk membaca buku dengan teknologi kertas elektronik E-Ink yang memiliki 16 tingkat warna abu-abu. Pengguna dapat membaca dengan lebih nyaman tanpa perlu khawatir karena kilatan cahaya matahari.

Produk ini tersedia dalam dua jenis, yaitu Kindle Paperwhite yang khusus hanya untuk membaca buku dan Kindle Fire dengan sistem operasinya sama persis seperti tablet android atau iPad.

Harga Kindle paling murah berkisah satu juta rupiah hingga lima juta rupiah. Memang tergolong cukup mahal karena pajak barang di bea cukai yang masuk ke Indonesia.

Nah bagi Anda yang memiliki perangkat keras ini dan mengalami kesulitan untuk membeli buku di Kindle, berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Tutorial 1: Hubungkan dengan Koneksi Internet

Hal yang harus Anda perhatikan adalah pastikan perangkat Kindle telah terkoneksi WiFi atau jika Kindle mendukung jaringan 3G maka internet otomatis akan tersedia.

Ini dibutuhkan agar dapat mengakses laman amazon.com untuk melakukan proses pembelian.

Tutorial 2: Kunjungi Laman Amazon


[Sumber: Amazon.com]
Untuk mengunjungi laman, Anda cukup mengklik simbol keranjang untuk langsung masuk ke toko buku online Amazon. Anda bisa mencari berdasarkan kategori dengan klik ‘Browse Categories’ atau langsung mencari buku yang diinginkan dengan mengetikkan judul atau nama pengarang di kotak pencarian yang terletak di pojok kanan atas.

Tutorial 3: Beli Buku

Jika Anda telah menemukan buku yang diinginkan maka klik buku tersebut dan laman akan masuk ke proses pembelian.

Klik ‘Buy’ jika Anda ingin membeli buku. Secara otomatis pembayaran akan langsung masuk di kartu kredit yang terdaftar pada akun Amazon Anda.

Bila ingin melihat sampel buku, Anda dapat mengklik ‘Try a Sample’ lalu bab pertama pada buku akan terunduh secara gratis.

[Sumber: Amazon.com]
Setiap buku digital yang telah dibeli akan masuk ke perpustakaan atau daftar buku Anda.

Nah itulah cara mudah membeli buku di Amazon dengan Kindle. Sampai saat ini proses pembayaran hanya dapat menggunakan kartu kredit, visa dan mastercard.

Namun jangan khawatir, banyak toko online yang menyediakan jasa untuk membeli E-Book Kindle melalui gift card.

Beli E-Book dengan Gift Card Amazon

Sangat mudah sekali untuk membeli buku digital melalui gift card. Caranya Anda membutuhkan pihak ketiga yang menyediakan jasa ini. Anda akan membeli buku dari jasa tersebut yang biasanya lebih mahal dari harga yang ada di Amazon.

Penjual akan mengirimkan gift card yang dapat Anda redeem langsung di aplikasi Amazon Kindle.