Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tutorial: Cara Membuat Fan Pages Facebook

[Sumber: Pexels]
Membuat Fan Pages Facebook merupakan langkah terbaik dalam memulai bisnis. Melalui halaman ini, Anda dapat berinteraksi dengan pengikut dan calon pembeli serta mempromosikan produk yang kamu jual. Tentu penasaran bukan bagaimana cara membuat Fan Pages? Berikut ini kami sajikan cara mudah yang dapat Anda ikuti.

Langkah 1: Masuk ke Akun Facebook

Pastikan Anda telah memiliki akun Facebook yang aktif, ini adalah syarat utama untuk membuat Fan Pages. Silahkan buat akun terlebih dahulu juga belum punya. Bila telah mempunya, masuk ke laman Facebook dan ketikkan email serta kata sandi.

Bila Anda sudah familiar dengan Facebook ini mempermudah dalam mengenal fitur-fitur di Fan Pages. Tenang saja! Anda tidak membutuhkan biaya sama sekali alias gratis.

Langkah 2: Buat Halaman

Bila sudah masuk ke Facebook silahkan klik ‘Create Page’ yang ada di bagian setting bersimbol panah ke bawah tepat di sebelah Quick Help. Selanjutnya Anda akan dibawa ke laman https://www.facebook.com/pages/create dan diminta untuk memilih jenis atau kategori produk.

Langkah 3: Pilih Kategori


Pertama, Local Business or Place. Kategori ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin membuat halaman Facebook bagi lokasi Anda berjualan. Masukkan nama halaman (misalnya, Kopi ReQuil) lalu masukkan kategori (misalnya, Kedai Kopi), alamat lengkap dan nomor telepon.

Kedua, Company, Organization or Institution. Kategori ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin membuat halaman Facebook bagi organisasi yang Anda kelola. Masukkan jenis kategori organisasi lalu nama perusahaan.

Ketiga, Brand or Product. Kategori ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin membuat halaman Facebook bagi brand atau produk yang Anda jual, misalnya produk obat-obatan atau kosmetik. Silahkan masukkan jenis produk dan nama perusahaan.

Keempat, Artist or Public Figure. Bila Anda seorang aktifis atau artis silahkan pilih jenis Fan Pages ini. Pilih jenis profesi dan cantumkan nama lengkap Anda agar memudahkan proses pencarian nanti.

Kelima, Entertainment. Bila Anda pemilik media silahkan pilih kategori ini. Masukkan jenis kategori media lalu nama perusahaan.

Keenam, Cause or Community. Bagi Anda yang bergerak dibidang kemanusiaan, seperti komunitas lokal atau membantu penggalangan dana bisa memakai kategori ini.

Bila sudah memilih jenis halaman yang sesuai dengan brand Anda. Lalu klik ‘Get Started’ untuk memulai proses penyuntingan halaman.

Langkah 4: Lengkapi Data

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan detail informasi terkait halaman yang sedang dibuat. Masukkan ‘Profile Picture’ dan isi deskripsi singkat mengenai halaman jangan lupa masukkan url website jika punya. Ini membantu meningkatkan konversi klik dari Facebook ke website terkait. Terakhir, klik ‘Save Info’.

Langkah 5: Percantik Halaman

Setelah akhirnya halaman dibuat, Anda perlu membuat Fan Pages terlihat resmi dan menarik agar dapat membangun banyak audiens. Salah satunya dengan menambahkan ‘Cover’ Facebook. Usahakan desain minimal namun memberikan informasi mengenai brand Anda.

Anda juga mulai bisa memasukkan beberapa konten terkait produk atau jasa yang dijual. Ini menambah pengguna lain percaya bahwa Fan Pages Facebook Anda bukanlah fiktif belaka.

Ingin memiliki pengikut yang banyak? Gunakan fitur ‘Invite Friends’ untuk mengajak teman-teman yang terkoneksi dengan akun pribadi Anda untuk bergabung dengan halaman yang baru saja Anda buat.

Itulah cara singkat untuk membuat Fan Pages Facebook. Mudah bukan? Sudah gitu gak perlu biaya pula. Buatlah jadwal dan rencana konten yang akan dibuat. Usahakan berkala dan statis agar semakin banyak peluang pengguna lain bergabung dengan halaman. Jangan segan menggunakan hashtag !