Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tutorial: Cara Mudah Kirim Tautan Website dan Meme GIF dengan GBoard

[Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Hj_91ntoi50]
Anda salah satu tipikal orang yang tidak bisa berhenti membagikan tautan berita ke media sosial atau chat messenger, seperti Line dan WhatsApp ke keluarga, teman atau rekan kerja?

Bila iya, pasti yang paling membuat lelah adalah repotnya melakukan proses copy tautan (link) website lalu mem-paste nya. Sudah begitu, Anda ingin menambahkan gambar lucu atau meme dalam bentuk GIF. Anda mesti mencari terlebih dahulu di google lalu menyimpannya di galeri foto dan baru bisa membagikannya. Kebayang ribetnya kan?

Jangan khawatir lagi! Memperkenalkan aplikasi Gboard atau dulu populer dengan nama Google Keyboard yang dapat membantu Anda menemukan emoji serta meme GIF dengan lebih cepat. Bahkan bisa mengirimkan tautan artikel dan Youtube Video langsung melalui GBoard tanpa perlu beralih ke Google.

Penasaran caranya? Yuk, simak detail lengkap penggunaan GBoard berikut ini:

Langkah 1: Unduh di App Store atau PlayStore

GBoard pertama kali hadir secara eksklusif untuk perangkat berbasis IOS pada Mei 2016 silam. Ini salah satu cara Google untuk tetap hadir menemani pengguna IPhone tanpa perlu memiliki perangkat berbasis Android. Anda dapat mendapatkannya secara gratis di App Store.

Bagi Anda yang memiliki perangkat Android dapat turut mengunduh applikasi ini di Playstore. Pastikan sistem operasi Anda telah mumpuni, minimal Android 4.2 atau yang lebih baru.

Langkah 2: Aktifkan Gboard

Bagi pengguna Iphone untuk mengaktifkan GBoard silahkan masuk ke dalam pengaturan (Setting) -> General -> Keyboard -> Keyboards -> Gboards lalu geser kanan pada pilihan Allow Full Access. Cara ini berlaku pula untuk Android di pengaturan Keyboard.


Langkah 3: Menggunakan Gboard

Sekarang Anda bisa gunakan Gboard untuk keperluan sehari-hari, seperti mengobrol via WhatsApp ataupun IMessages dengan mengklik ikon G di sebelah kiri keyboard dan pilih mode pencarian yang Anda inginkan.

Tersedia tiga pilihan mode pencarian, yaitu pencarian tautan, gambar dan GIF. Anda cukup menuliskan kata kunci yang diinginkan, misalnya:

  • Star Wars, maka laman pencarian akan merujuk ke IMDB site atau artikel berita terkait;
  • Star Wars trailer, maka laman pencarian tautan akan merujuk ke Youtube;
  • Restaurant Nearby me, maka laman pencarian akan merujuk pada lokasi-lokasi restoran atau kafe terdekat.

Bila sudah menemukan hal yang ingin dibagikan, Anda tinggal memilih tombol share lalu secara otomatis tautan akan muncul di kolom chat.

Cara kedua, Anda cukup menahan beberapa detik di layar sampai muncul pilhan copy dan selanjutnya paste pada kolom chat. Cara ini dilakukan untuk mengirimkan gambar atau GIF. Secara otomatis gambar atau animasi yang Anda pilih akan tinggal dikirim. File tidak akan tersimpan di galeri foto.

Nah itulah cara mudah mengirimkan pesan dengan Gboard! Praktis bukan? Buruan coba ya.