Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tutorial: Mau Mencari Atau Melamar Kerja Dengan Mudah? Yuk Coba Fitur Jobs di LinkedIn

Pernah mendengar media sosial bernama LinkedIn? Bagi Anda yang belum familiar, memang wajar karena di Indonesia media sosial ini belum banyak penggunanya padahal LinkedIn merupakan jaringan pertemanan untuk sesama profesional.

Dengan memanfaatkan LinkedIn Anda bisa mendapatkan banyak koneksi, membangun reputasi bahkan bisa mencari lowongan pekerjaan juga.
Pada LinkedIn, Anda bisa mencantumkan banyak hal yang berhubungan dengan kegiatan profesional, seperti latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, kegiatan volunteer, sejarah pekerjaan bahkan penghargaan yang pernah Anda dapatkan.

Dengan kata lain, LinkedIn merupakan resume atau curriculum vitae (CV) online yang bisa diakses oleh umum. Beberapa perusahaan nasional atau multinasional kerap melihat laman LinkedIn yang calon karyawan mereka. Makanya, penting sekali untuk memperbaharui laman LinkedIn Anda secara berkala.
Tetapi masih banyak pengguna yang belum mengetahui fitur baru LinkedIn saat ini, yaitu mencari lowongan pekerjaan yang cocok dengan latar belakang kita.
Penasaran bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini!

Langkah 1: Buat Akun LinkedIn

Hal pertama yang Anda harus lakukan tentunya membuat akun LinkedIn di www.linkedin.com. Tenang saja, media sosial ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu gratis dan premium (berbayar). Untuk membuat Akun, Anda hanya perlu mencantumkan nama lengkap serta email dan password lalu klik Join Now. Selanjutnya, melengkapi data yang diperlukan, seperti country (negara), postal code (kode pos), status pekerjaan, data tempat bekerja dan posisi Anda lalu klik Create My Profile.
Jangan lupa, cek email Anda untuk melakukan konfirmasi akun.

Langkah 2: Isi Profile Anda dengan Lengkap

Bila telah memiliki akun LinkedIn kini saatnya melengkapi profil Anda. Sangat penting mencantumkan headline yang singkat dan menarik agar perusahaan mau melirik laman Anda. Jangan lupa, cantumkan pengalaman kerja, volunteer dan organisasi karena akan menjadi nilai lebih dalam soal kemampuan kepemimpinan Anda.
Bila Anda memiliki sertifikasi tertentu, seperti kemampuan berbahasa inggris dalam TOEFL atau IELTS bisa dicantumkan pada kolom ‘Accomplishments’.
Caranya: klik tombol tambah (+) dan pilih ‘Test Score’ atau ‘Certification’. Tersedia beberapa pilihan lain: ‘Honor and Awards’, ‘Projects’, ‘Organization’, ‘Course’, ‘Language’, ‘Patent,’ dan ‘Publication’.

Langkah 3: Jalin Koneksi Pertemanan Profesional

Setelah Anda menyelesaikan laman profil, langkah selanjutnya adalah menjalin pertemanan dengan menambah koneksi LinkedIn.
Gunakan fitur ‘My Network’ untuk mencari orang-orang terdekat Anda yang menggunakan LinkedIn lalu kirimkan undangan pertemanan kepada mereka.
Jalin banyak koneksi agar teman bisa memberikan ‘Endorsement’ mengenai skills Anda. Semakin banyak poin skills tertentu yang diterima, bisa menjadi nilai lebih bagi perusahaan untuk merekrut Anda!


Langkah 4: Cari Pekerjaan di Fitur Jobs

Kini Anda dapat mencari pekerjaan di fitur ‘Jobs’ yang tersedia di bagian atas website tepat di sebelah ‘My Network’.

Pada fitur ini beberapa pilihan lowongan akan tersedia sesuai dengan ketertarikan yang disesuaikan dengan interest dan latar belakang pendidikan serta pekerjaan Anda. Bahkan pengguna bisa memilih lowongan yang diinginkan pada fitur ‘update career interests’. Jangan ragu untuk melakukan eksplorasi jenis pekerjaan yang Anda mau!

Langkah 5: Simpan atau Daftar Lowongan Pekerjaan Impian Anda

Setelah melihat daftar lowongan yang tersedia pada LinkedIn, Anda tidak perlu terburu-buru untuk mengisi lowongan tersebut karena tersedia fitur ‘Save’ yang memungkinkan pengguna menyimpan data lowongan dan mendaftar dikemudian hari.

Bila Anda ingin segera mendaftar, maka akan tersedia pilihan, yaitu Apply atau Easy Apply.

 

Bila tersedia pilihan Easy Apply, maka Anda cukup mengklik kotak tersebut dan secara otomatis data LinkedIn Anda telah terdaftar sebagai peserta seleksi namun bila pilihan yang tersedia Apply, Anda akan terhubung dengan website perusahaan atau site eksternal lain, lalu Anda harus mengisi beberapa persyaratan yang tertera kembali.

Setelah menyelesaikan kriteria yang diinginkan perusahaan, selanjutnya klik tombol submit dan Anda akan diarahkan ke LinkedIn untuk bisa mem-follow laman perusahaan yang bersangkutan.
Itu dia cara untuk mencari dan melamar pekerjaan di LinkedIn. Mudah bukan?