Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tutorial: Memasarkan Konten Melalui Fitur Iklan di Instagram

[Gambar: business.facebook.com]
Sebelumnya, saya telah membahas bagaimana caranya untuk mengubah profil Instagram pribadi menjadi profil bisnis. Namun, rasanya pemasaran melalui Instagram belumlah lengkap sebelum Anda menggunakan fitur pemasaran utama yang dimiliki platform ini, yaitu: Instagram Ads. Seperti yang telah diketahui, untuk memanfaatkan fitur bisnis di Instagram, Anda harus memiliki Facebook Page terlebih dahulu. Setelah membuat Facebook Page, Anda bisa langsung mulai mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buatlah akun baru pada Business Manager atau Pengelola Bisnis.
  • Setelah selesai, tambahkan akun Instagram bisnis kepada akun Pengelola Bisnis Anda. Caranya, pilih tombol Pengaturan Bisnis pada pojok kanan atas, kemudian pilih Akun Instagram di sebelah kiri layar. Setelah itu, Klaim Akun Instagram Baru. Tambahkan username dan password Anda, kemudian ikuti perintah yang diberikan.


  • Masuk ke dalam menu Pengelola IklanPilih tujuan marketing Anda: Kesadaran merek, jangkauan, lalu lintas, pemasangan aplikasi, interaksi, penayangan video, dan konversi. Perlu dicatat, meskipun pilihan ‘tujuan marketing’nya lebih banyak dari yang saya sebutkan, hanya tujuh tujuan ini yang bisa diterapkan pada iklan Instagram. Kemudian, tentukan nama kampanye iklan tersebut.

  • Setelahnya, Anda pun akan diminta untuk menentukan pemirsa, penempatan, dan anggaran untuk kampanye iklan tersebut:
    1. Pemirsa. Anda bisa menentukan sendiri siapa saja orang yang akan melihat iklan Anda. Terdapat banyak karakteristik pemirsa, seperti umur, jenis kelamin, minat, lokasi, dan lain-lain.
    2. Penampilan. Anda bisa memilih platform yang Anda inginkan untuk menampilkan kampanye iklan. Facebook, Instagram, atau keduanya?
    3. Anggaran dan jadwal. Tentukan besar dana yang ingin Anda keluarkan untuk kampanye ini. Atur juga waktu kampanye iklan ini berlangsung.

  • Pada bagian akhir, Anda akan diminta untuk memilih format iklan untuk menentukan tampilan iklan yang Anda inginkan. Ada pilihan Karosel, Gambar Tunggal, Video Tunggal, dan Tayangan Slide. Selanjutnya Anda pun dapat menuliskan teks yang ingin disampaikan pada caption iklan Anda. Terdapat pratinjau iklan di sisi kanan layar, sehingga Anda bisa melihat hasil iklan tersebut.
  • Jika sudah rampung, klik tombol Tinjau Pesanan untuk melihat iklan Anda. Terakhir, pilih tombol Lakukan Pemesanan. Setelah memasukkan rincian pembayaran, iklan Anda pun akan segera siap untuk diluncurkan.