Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tutorial Membuat Website dengan WordPress untuk Anda yang Tidak Mau Ribet

Setiap kali membuka sebuah website pernahkah Anda berpikir bagaimana cara membuatnya? Atau mungkin keburu pusing membayangkan bagaimana sulitnya mempelajari bahasa pemrograman. Padahal membuat website sungguhlah mudah, terlebih lagi dengan adanya WordPress.

WordPress adalah software yang awal mulanya dikenal untuk membuat sebuah platform blog. Namun kini menjelma menjadi brand Content Management System (CMS) yang terkemuka di dunia. Anda dapat membuat beragam website jenis apapun, contohnya membuat situs belanja online ataupun portal berita.

Sebelum Anda membuat website melalui wordpress, sekiranya perlu untuk mengetahui dua layanan ini:

WordPress.com

WordPress yang didirikan oleh Matt Mullenweg memiliki dua versi, salah satunya adalah wordPress.com yang dapat diakses gratis oleh publik. Melalui situs ini, pengguna dapat membuat blog secara gratis walaupun mesti menggunakan domain wordPress.com setelah nama blog, contohnya kecetanpakere.WordPress.com.

[Gambar: wordpress.com]
Bila pengguna ingin mengubahnya domain menjadi versi .com (kecetanpakere.com), maka dikenakan biaya paling murah sekitar Rp850,000 dengan total penyimpanan data hanya sebesar 6GB. Tentu bagi pengguna yang memiliki konten berukuran besar akan sungguh merepotkan. Setidaknya pengguna mesti menyiapkan Rp5.900.000 untuk mendapatkan akses penyimpanan tanpa batas.

WordPress Self-Hosted

Lebih dikenal dengan istilah WordPress.org, layanan ini tidak terlalu berbeda dengan WordPress.com hanya saja layanan ini menggunakan hosting tersendiri, sehingga pengguna dapat secara bebas mendownload tema dan plugin dari sini.

WordPress Self-Hosted akan membutuhkan domain dan hosting sendiri. Pengguna diharuskan membelinya (relatif murah dibandingkan layanan berbayar wordpress.com) lalu Anda dapat install WordPress langsung di server.

Anda dapat menghubungi jasa penyedia Web Hosting, seperti IDWebHos dan RumahWeb. Harga dan pilihan akan tersedia beragam, tak jarang tersedia potongan harga besar untuk domain tertentu, misalnya .id.

Setelah mengenal kedua layanan tersebut, maka Anda dapat memutuskan WordPress jenis apa yang tepat bagi Anda. Untuk kali ini, kami akan membahas cara membuat website melalui WordPress.com!

Begini langkah-langkahnya:

Tutorial 1: Silahkan tuju laman www.WordPress.com lalu klik ‘Masuk’. Pengguna Akan diminta untuk memilih situs seperti apa yang ingin Anda buat:


  • Blog,  untuk pengguna yang ingin membagi ide, kisah dan foto sehari-hari.
  • Situs, untuk pengguna yang ingin mempromosikan organisasi, produk atau brand tertentu sehingga semakin dekat dengan audiens.
  • Portofolio, untuk pengguna yang ingin membagikan karya grafis buatannya.
  • Toko Daring, untuk pengguna yang ingin menjual barang atau jasa berikut cara pembayarannnya.

Jenis situs apapun yang dipilih akan membawa Anda ke laman untuk memasukkan nama blog yang Anda inginkan.

Tutorial 2: Masukkan nama blog yang Anda inginkan. Akan tersedia beberapa pilihan, dari gratis hingga premium atau berbayar. Klik ‘Pilih’ pada layanan yang Anda inginkan.

 

Tutorial 3: Setelah Anda memilih layanan maka laman selanjutnya otomatis akan membawa ke beberapa pilihan paket, dari yang gratis hingga berbayar. Cara pembayaran dilakukan secara tahunan melalui kartu kredit. Klik ‘Pilih’ pada paket yang Anda inginkan.

 

Tutorial 4: Anda akan masuk ke laman pembuatan Akun. Masukkan alamat email beserta kata kunci. Klik ‘Lanjutkan’.

 

Tutorial 5: Laman akan membawa Anda ke konfirmasi bahwa situs telah siap digunakan. Klik ‘Tampilkan Situs Saya’. Kini Anda dapat menyunting situs Anda, dari tema hingga widget yang ingin dipasang.

 Alternatif Lain

Selain menggunakan layanan dari WordPress.com, untuk memiliki situs berbasis WordPress dengan domain sendiri juga bisa dilakukan dengan menggunakan web-hosting. Tentunya caranya berbeda. Salah satu caranya bisa dilihat di Hostinger Indonesia Tutorial ini.

Itu dia cara mudah untuk membuat website melalui WordPress.com! Mudah bukan?