Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tutorial: Memulai Group Chat Pada Aplikasi WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messenger yang paling populer di dunia. Pada bulan Januari 2017 saja, tercatat bahwa platform ini memiliki 1,2 milyar pengguna aktif. Hal ini tidak mengejutkan, mengingat layanan ini dapat diakses pada berbagai jenis ponsel, mulai dari Android, iOS, Windows Phone, bahkan BlackBerry. Demografi penggunanya juga sangat beragam, mulai dari kakek-nenek hingga remaja pun menggunakan WhatsApp.

Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah fitur Group Chat. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi di dalam grup yang memiliki maksimal anggota 256 orang. Pengguna WhatsApp dapat membuat grup sebanyak apapun, tanpa batas. Di dalam grup tersebut, terdapat satu atau lebih admin yang diberikan akses untuk mengundang orang-orang untuk masuk ke dalam grup tersebut. Membuat Group Chat pada WhatsApp sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Jalankan aplikasi WhatsApp pada perangkat Anda.


  • Buka tab Chats, kemudian tekan tombol menu pada pojok kanan layar. Pilih opsi New group. 
  • Tambahkan anggota grup tersebut dengan memilih atau mengetikkan nama kontak yang ingin Anda ajak bergabung. Pilih Next jika Anda selesai menambahkan anggota.

  • Isi Group Subject atau nama group chat tersebut dan tambahkan foto grup tersebut jika diinginkan.
  • Pilih tanda centang jika Anda sudah selesai mengkonfigurasi group chat tersebut.
  • Beres! Anda bisa langsung menggunakan group chat tersebut.

Sebagai admin, Anda bisa menambahkan pengguna lain ke dalam grup chat atau mengeluarkannya dari grup. Anda juga bisa mengundang orang lain untuk bergabung dengan mengirimkan tautan pada grup. Caranya, masuk ke dalam group chat kemudian pada menu pilih Group Info -> Add Participant -> Invite to group via link. Anda bisa membagikan tautan tersebut melalui chat WhatsApp atau melalui aplikasi lain. Anda juga bisa menarik kembali akses tautan tersebut agar tidak bisa digunakan lagi.