Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tutorial: Menggunakan Hootsuite untuk Bisnis Online di Media Sosial

[Sumber: Pexels.com]
Memiliki bisnis online berarti membutuhkan alat manajemen media sosial, salah satunya adalah Hootsuite. Alat pihak ketika ini mengizinkan kita untuk membuat konten, menjadwalkan dan menyediakan laporan bagi akun Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+, Youtube dan Instagram.

Dengan dashboard yang menyerupai TweetDeck, aplikasi ini sangat nyaman digunakan bahkan tersedia untuk komputer dan ponsel. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan.

Langkah 1: Membuat Akun

[Sumber: hootsuite.com]
Untuk membuat akun Hootsuite silahkan kunjungi lama www.hootsuite.com lalu klik ‘Create New Account’. Secara otomatis Anda akan dibawa ke laman ‘Plans’, tersedia beberapa layanan berbayar yang dapat dipilih. Harga tersedia dari $19 – $499 per bulannya. Tapi bila ingin menggunakannya secara gratis klik ‘Plans’ dan pilih ‘Free’.

Layanan gratis ini hanya mengizinkan kita mengelola tiga akun media sosial dan membatasi jadwal konten maksimal 30 per harinya. Bila ini cocok dengan Anda silahkan gunakan pilihan gratis ini.

Selanjutnya Anda akan masuk ke laman yang berisikan informasi soal layanan gratis dari Hootsuite. Silahkan gulir ke bawah dan klik ‘Get Started Free’. Selanjutnya masukkan nama, email bisnis, dan kata sandi. Dan klik ‘Create My Free Account’.

Tutorial 2: Hubungkan Media Sosial dengan Hootsuite


Kini saatnya menghubungkan akun media sosial yang ingin di kelola di Hootsuite. Caranya sangat mudah: Pertama, klik ‘Add Social Network’ pada kolom pencarian yang terletak di pojok kanan. Setelah itu tersedia pilihan media sosial yang dapat Anda hubungkan, antara lain Twitter, Facebook, Google+, LinkedIn, WordPress, Instagram, dan Youtube.

Pilih media sosial yang Anda inginkan lalu klik ‘Connect’. Selanjutnya Anda akan diminta untuk masuk ke akun media sosial tersebut lalu melakukan verifikasi untuk mengizinkan Hootsuite menggunakan akun media sosial. Ingat karena menggunakan layanan gratis, Anda hanya dapat memasukkan tiga profil saja. Pikirkan dengan baik media apa yang tepat bagi bisnis Anda.

Tutorial 3: Kirim dan Jadwalkan Konten

Bila sudah menghubungkan media sosial selanjutnya Anda dapat mengirimkan konten langsung melalui Hootsuite atau menjadwalkannya sesuai tanggal yang diinginkan.

Pilih kolom ‘Compose Message’ yang terletak di pojok atas. Anda dapat meletakkan konten yang diingingkan berserta tautannya. Anda dapat langsung meletakkan tautan atau memendekkannya di fitur penempatan tautan (Add Link). Bila ingin memasukkan foto gunakan fitur ‘Attach Media’ dan menjadwalkan dengan fitur ‘Scheduling’.

Klik ‘Schedule’ dan otomatis konten akan tersimpan di Hootsuite untuk diterbitkan sesuai dengan tanggal yang dimasukkan. Sekedar informasi, Anda dapat melakukan mirroring dengan memilih akun media sosial sebelum mempublikasikan konten.

Bila Anda memiliki konten yang banyak silahkan atur secara manual. Caranya klik laman profil lalu pilih ‘Account and Setting’ dan pilih ‘Auto Schedule’. Anda dapat memasukkan berapa banyak konten yang dipublikasikan dalam rentang waktu tertentu.

Tutorial 4: Membuat Laporan

Untuk mendapatkan akses laporan setiap media sosial, Anda diwajibkan menggunakan layanan premium. Melalui layanan berbayar ini Anda dapat langsung melihat bagaimana masing-masing kinerja media sosial secara detail. Bahkan dengan mudah mengunduh file-nya dalam format excel atau pdf. Ini sangat membantu Anda untuk menentukan kualitas konten dan jam tayang.

Nah itu dia cara mudah menggunakan Hootsuite untuk membantu Anda mengelola bisnis online. Alangkah baiknya Anda mempersiapkan konten terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke Hootsuite. Biasanya mempersiapkan konten disebut dengan istilah Editorial Planning, berisikan wording, jumlah kata, gambar dan tautan. Ini membuat waktu pengerjaan lebih efisien.