Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Tutorial Menulis Artikel di LinkedIn

Tutorial Menulis Artikel di LinkedIn

Membangun reputasi melalui media sosial sudah menjadi makanan sehari-hari manusia saat ini. Salah satunya, LinkedIn yang berguna untuk menjaring pertemanan sesama profesional.

Salah satu cara untuk membangun koneksi adalah turut aktif berkomentar atau membagi artikel yang dibuat pengguna lain. Apa yang Anda komentari dan bagikan akan menunjukkan topik apa yang Anda gemari. Semakin aktif Anda maka peluang untuk dilihat sesama profesional dibidang yang sama akan semakin besar.

Sebagai sebuah media sosial, LinkedIn sangat berbeda dengan Facebook dan Twitter karena konten yang dibuat tidak terbatas oleh jumlah kata serta bukan berbentuk sekedar status curhat belaka.

Ibarat kata, LinkedIn dapat menjadi website pribadi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di lingkaran pertemanan Anda.

Nah, ingin membuat artikel di LinkedIn? Caranya gampang banget! Berikut ini langkah-langkah mudah yang dapat Anda lakukan.

Tutorial 1: Tentukan Topik atau Tema

Menentukan tema atau topik tertentu adalah langkah paling penting yang harus  dilakukan pertama kali. Usahakan apa yang hendak ditulis sesuai dengan jalan karir impian dan personalitas Anda. Jangan membuat sesuatu yang tidak Anda kuasai materinya karena bisa menjadi bumerang dikemudian hari.

Ingat: Apa yang Anda tulis merupakan representasi dari pemikiran dan citra diri Anda untuk khayalak.

Tutorial 2: Persiapkan Tulisan dari Jauh Hari

Menulis memang mudah tetapi menghasilkan yang terbaik adalah tantangannya. Menulis tidak sekedar menulis saja namun juga bagaimana Anda dapat meraih simpati dari pembaca.

Untuk itu persiapkan dengan matang mengenai materi yang ingin ditulis. Bila perlu, tulislah di file word lalu berikan kepada teman terdekat agar di proof reading sehingga mendapat banyak masukan. Sunting hal yang memang menurut Anda perlu ditambah atau dikurangi.

Tutorial 3: Masuk ke LinkedIn

Anda tentu harus memiliki Akun LinkedIn untuk menggunakan fitur ini dan bila sudah memilikinya silahkan masuk melalui laman www.linkedin.com dan ketikkan email serta kata sandi Anda.

Tutorial 4: Berbagi Tautan dan Pendapat di LinkedIn

LinkedIn menyediakan dua bentuk penulisan bagi penggunanya. Pertama, bila hanya ingin sekedar berbagi tautan, foto ataupun video dan memberikan komentar Anda langsung dapat berbagi di kotak yang berfungsi menulis artikel pada laman ‘Home’.


Tutorial 5: Atur Postingan Anda

Sebelum mempublikasikan, Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat postingan tersebut, dengan klik ‘Post Settings’, tersedia tiga pilihan:

  • Public, pilihan ini membuat artikel buatan Anda dapat dilihat oleh umum, terlepas dari mereka memiliki akun LinkedIn atau tidak
  • Public + Twitter, pilihan ini membuat artikel Anda tidak hanya dapat dilihat oleh umum namun juga secara otomatis dibagikan ke twitter yang terhubung dengan LinkedIn Anda.
  • Connections, pilihan ini membuat artikel Anda hanya dapat dilihat oleh pengguna LinkedIn yang terhubung dengan Anda.
  • Anda juga dapat mengatur apakah pengguna lain dapat memberikan komentar atau tidak dengan memberikan centang di pilihan ‘Allow Comments on This Post’.

Tutorial 6: Publiskan Tulisan Anda

Bila sudah yakin tulisan telah tersusun rapih dan tidak ada yang typo, terbitkan artikel Anda dengan klik ‘Post’.

Tutorial 7: Membuat Artikel Panjang

Untuk membuat artikel panjang maka pada laman kotak yang berfungsi berbagi ide silahkan klik ‘Write an Article’ maka tab baru muncul dan menggiring Anda ke laman penyuntingan.

Bagi Anda yang sudah fasih menggunakan blog maka tidak asing dengan fitur ini. Anda dapat menulis artikel selayaknya menulis di microsoft word saja. Bahkan menariknya dapat membuat persentasi juga.

Berikut ini beberapa fitur yang dapat digunakan:

  • Anda dapat mengkostumisasi tulisan dengan fitur bold, italic dan underline. Juga membubuhkan point dalam format number dan bullets.
  • Klik tombol ‘+’ di bawah ‘Headline’ dan akan tersajikan pilihan menambah gambar, video, slides, tautan dan snippet di artikel.
  • Klik ‘Publish’ jika Anda telah yakin artikel yang dibuat telah sempurna.

Nah, itu dia cara untuk membuat artikel di LinkedIn. Jangan untuk untuk membagikan hasil tulisan Anda di media sosial lainnya!