Tips & Guide

Tutorial Singkat Cara Beriklan di Instagram

[Gambar: quarterlab.com]
Dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, Instagram menawarkan metode pemasaran yang unik untuk menjangkau target audience lebih spesifik sehingga tujuan kampanye memiliki peluang berhasil lebih besar.

Layanan iklan ini pertama kali diperkenalkan pada September 2015 silam. Instagram terus memperbaharui layanan tersebut, dari yang hanya dapat diakses melalui Facebook Ads dan Power Editor Facebook, kini dapat dengan mudah diakses langsung melalui aplikasi mobile.

Sayangnya masih banyak pengguna, baik amatir dan profesional belum mengetahui kemudahan layanan iklan Instagram via movile dan lebih memilih via desktop. Memang ada kelebihan dan kekurangan menggunakan Instagram Ads via mobile.

Nah, jika Anda penasaran bagaimana langkah melakukan Instagram Ads langsung di aplikasi mobile buruan baca tutorialnya di bawah ini:

Langkah 1: Buat Halaman dan Profil Bisnis

Syarat mutlak untuk melakukan iklan di Instagram adalah memiliki akun Fan Page Facebook yang terhubung dengan profil bisnis di akun Instagram Anda. Berikut ini langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Pastikan Anda telah memiliki akun Fan Page
  2. Buka Instagram via mobile. Pada laman profil akun klik ‘Option’ yang bersimbol tiga titik di pojok kanan profil. Di bagian ‘Business Settings’, klik fitur ‘Switch to Business Profile’ lalu pilih akun Fan Page Facebook yang berkaitan dengan akun bisnis Instagram Anda. Pastikan akun Instagram Anda tidak dalam keadaan ‘Private’.
  3. Secara otomatis Anda akan digiring ke laman ‘Set Up Your Business Profile’. Masukkan informasi penting berkenaan alamat email, nomor telepon, dan alamat.
  4. Setelah proses tersebut selalu akun Instagram Anda otomatis akan menjadi akun bisnis.
Baca Juga:  Hati-Hati, Media Sosial Kini Sudah Berubah

Langkah 2: Siapkan Iklan

Setelah akun Instagram bermigrasi menjadi bisnis, Anda kini dapat melakukan ‘promote’ atau mengelola iklan Instagram langsung melalui aplikasi.

Berikut ini langkahnya:

  1. Pilih konten di feed Instagram Anda yang ingin diiklankan.
  2. Klik fitur ‘Promote’ yang terletak di pojok kanan bawah foto atau video. Pengguna secara otomatis akan masuk ke laman Facebook dan diminta untuk masuk/log in dengan Instagram.
  3. Setelah masuk di Facebook, Anda akan dibawa ke laman ‘Promote’. Akan tersedia dua pilihan yang dapat pengguna lakukan dalam beriklan melalui Instagram Ads.
  4. Pilih ‘Get More Profile and Website Visits’ jika iklan bertujuan menggiring audience ke akun Instagram bisnis atau website Anda. Gunakan fitur ‘Destination’ untuk memasukkan situs website. Selanjutnya, tentukan sasaran Anda dengan fitur ‘Audience’, pengguna dapat membiarkan Instagram membuat target sendiri (Automatic) atau membuat target sendiri melalui pilihan ‘Create your own’.


 

  1. Pilih ‘Reach People Near an Address’ jika iklan bertujuan untuk meraih banyak audience di sekitar Anda. Harga iklan dengan jenis ini akan lebih murah ketimbang sebelumnya. Anda juga dapat menggunakan fitur ‘Destination’ dan ‘Audience’.
  2. Selanjutnya, tentukan budget dan durasi iklan Anda. Facebook mematok harga terendah Rp10.000 untuk sekali beriklan. Pastikan Anda telah mengatur jenis pembayaran untuk beriklan, entah itu melalui kartu kredit, debit maupun saldo Facebook.
  3. Terakhir, klik ‘Create Promotion’ untuk diverifikasi Facebook. Biasanya proses ini akan memakan waktu sebentar tetapi ada beberapa kasus yang memakan proses cukup lama disebabkan konten bersifat sensitif. Untuk menghindari hal ini, Anda wajib membaca peraturan beriklan di Facebook.
Baca Juga:  Cara Gunakan Aplikasi Otentikasi untuk Amankan Akun Twitter dari Peretas

 

  1. Setelah melalui proses verfikasi Facebook, konten yang Anda iklankan di Instagram secara otomatis akan terbit dan muncul di audience yang telah Anda hendaki.

Langkah 3: Cek Perkembangan Iklan

Anda tentu saja penasaran bagaimana hasil iklan yang telah dibuat. Untuk mengetahui bagimana keberhasilan iklan tersebut, Anda bisa menggunakan langkah berikut ini:

  1. Pada laman profil akun klik ‘Insights’ yang bersimbol bar signal yang terletak di sebelah username.
  2. Pada bagian bawah tersedia layanan ‘Promotions’. Klik ‘See More’ dan pengguna akan dibawa ke laman yang berisikan iklan yang sedang atau telah selesai dijalankan. Klik Iklan yang Anda inginkan lalu klik ‘View Results’.

 

  1. Pada laman ini, Anda dapat melihat bagaimana hasil iklan berjalan dibandingkan tanpa menggunakan iklan.

Mudah bukan menjalankan iklan Instagram via mobile! Kini Anda dapat berbisnis online dengan lebih mudah sekarang.