Home  »  News   »  
News

Twitter Bekerja Sama dengan Bloomberg untuk Hadirkan Siaran Langsung 24 Jam

[Foto: 6abc.com]
The Wall Street Journal mengabarkan bahwa Twitter telah bekerja sama dengan Bloomberg untuk menyiarkan video liputan live nya selama 24 jam pada platform media sosial tersebut. Dalam kerja samanya ini, Bloomberg akan menghadirkan liputan khusus untuk Twitter dari reporternya yang tersebar di seluruh dunia, dikombinasikan dengan laporan kiriman pengguna Twitter yang telah diverifikasi. Kedua belah pihak menolak untuk memaparkan rincian finansial pada kerja sama ini, namun menjelaskan bahwa layanan ini akan didukung oleh ad dan Bloomberg memegang penuh kontrol dalam hal programming. 

Sejauh ini, belum ada nama khusus untuk saluran yang akan mulai beroperasi pada musim semi ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain tayangan resmi dari pihak Bloomberg, akan dihadirkan juga kumpulan video-video yang telah diposting di Twitter oleh pengguna media sosial tersebut yang berhubungan dengan topik yang tengah diberitakan. “Siaran langsung ini akan lebih berfokus pada berita-berita paling penting bagi para penonton di seluruh dunia, yang akan lebih luas lagi dari jaringan yang sudah ada sekarang,” papar CEO Bloomberg Media, Justin Smith. Menurut COO dan CFO Twitter, Anthony Noto, kemitraan ini merupakan alternatif yang tepat bagi orang-orang yang tidak menggunakan televisi. “Kami optimis bisa menjangkau pengguna yang tidak membayar layanan televisi dan hanya menonton televisi di sela-sela kesibukannya. Kami pikir Bloomberg adalah mitra yang tepat bagi kami untuk memulai proyek ini,” ujarnya.


Twitter sendiri sebelumnya memang sudah menyiarkan siaran langsung untuk acara-acara tertentu. Perusahaan ini tercatat telah menyiarkan total 800 jam program pada kuartal pertama tahun 2017, naik 200 jam dari kuartal keempat tahun lalu. Ini merupakan yag pertama kalinya feed video yang berkelanjutan akan ditayangkan pada platform ini. Salah satu siaran langsung paling bergengsi yang pernah ditayangkan oleh Twitter adalah penayangan pertandingan football yang merupakan hasil kerja sama dengan National Football League. Untuk musim ini, Amazon yang telah memilik hak penyiaran siaran langsung untuk pertandingan football tersebut. Sebelum ini,Twitter juga sebenarnya sudah bekerja sama dengan Bloomberg untuk menyiarkan berita seputar debat capres Amerika Serikat pada tahun lalu.

Kesepakatan ini diumumkan tepat setelah Twitter mengutarakan ambisinya untuk menyiarkan video live seharian penuh. Perusahaan ini mengindikasikan bahwa rencana mereka ini lebih cenderung mengarah pada saluran berita dan olahraga 24 jam, dibandingkan layanan seperti Netflix. Mengenai rencananya terhadap saluran ini, Noto menjelaskan bahwa pengguna “bisa fokus pada topik yang disajikan jika Anda tertarik dengan topik tersebut, namun bisa juga tidak sepenuhnya fokus pada topik tersebut jika pengguna tidak begitu tertarik pada topik yang disajikan.” Smith mengatakan bahwa mayoritas pengguna Twitter sudah sering menonton siaran langsung sembari berkomentar pada Twitter mengenai siaran yang mereka tonton. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa para pengguna Twitter sebenarnya sudah terlebih dahulu ‘mengkombinasikan’ kedua hal tersebut. Oleh karena itu, kombinasi antara Twitter dengan siaran langsung video bisa menjadi sebuah ide yang baik.

Tentu saja, Twitter harus bersaing dengan berbagai platform media sosial lain dalam hal video ad dan video streaming. Sebut saja YouTube yang sudah lebih terdepan soal video ad, atau Facebook yang kini sudah semakin gencar meningkat performa video pada layanannya.