News

Twitter Berikan Fitur Baru Untuk Menyaring Tweet Dari Orang Tak Dikenal

[Gambar: sfgate.com]
[Gambar: sfgate.com]
Apakah Anda bosan melihat dan mendapatkan notifikasi untuk kicauan dari orang tak dikenal kepada Anda? Apalagi jika tweet yang Anda dapatkan cenderung kasar dan menyinggung Anda. Jangan khawatir lagi, pada hari ini Twitter telah meluncurkan sebuah fitur baru untuk mengatasi masalah ini.

Sekarang, Anda bisa mengatur aplikasi Twitter Anda untuk memberi notifikasi dari orang-orang yang Anda kenal saja, ketimbang dari orang lain yang tidak dikenal.

Anda juga dapat menemukan opsi untuk menyaring tweet-tweet ini di dalam pengaturan notifikasi pada aplikasi Twitter Anda. Opsi yang telah diuji sejak tahun lalu ini dapat menyaring kicauan “berkualitas rendah” dengan melihat berbagai faktor seperti aktivitas pada akun yang dimaksud dan apakah kicauan yang diposting merupakan spam atau bukan.

Hadirnya fitur ini nampaknya merupakan bagian dari upaya Twitter untuk menanggapi kasus pelecehan dan cyber-bullying yang kerap terjadi setiap harinya pada jejaring sosial ini. Sayangnya, fitur ini memang tidak bisa sepenuhnya menghilangkan kicauan-kicauan yang menyinggung. Tapi setidaknya, kini Anda dapat memilih untuk mengabaikan tweet semacan itu dan tidak melihatnya sama sekali.

Adanya tweet yang menyinggung dan kasar memang sudah tidak aneh lagi di dunia Twitter. Namun, lama kelamaan fenomena semacam ini akhirnya mendapat sorotan publik dan mulai dikritisi oleh banyak pihak. Salah satu kasus yang terjadi baru-baru ini adalah ketika ada banyak oknum yang mengirimkan pesan-pesan yang menyakitkan kepada Lindy West, putri dari Robin Williams menyusul kematian ayahnya. Menurut pernyataan West, banyak orang yang menggunakan nama ayahnya untuk membuat akun Twitter baru dan mengirimkan pesan-pesan yang menyinggung pada akun Twitter West.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, meskipun fitur ini tidak dapat sepenuhnya menghentikan orang-orang tak dikenal untuk mengirimkan tweet pada Anda, namun setidaknya Anda tidak perlu membaca kicauan-kicauan yang menyebalkan itu.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID