News

Twitter Diam-Diam Luncurkan Fitur Timeline Berbasis Lokasi

[Gambar: Telegraph.co.uk]
Twitter diam-diam meluncurkan fitur baru yang memungkinkan Anda untuk melihat informasi lokasi di setiap kicauan para pengguna Twitter. Itu artinya, kini pengguna bisa secara langsung mengetahui informasi mengenai dari mana sebuah tweet dikirim.

Foursquare dikabarkan bekerja sama dengan Twitter untuk fitur pendeteksian lokasi yang baru ini. Memang, Twitter sudah lama mengumumkan kemitraannya dengan Foursquare dan niatnya untuk mengembangkan layanan informasi lokasi bagi pengguna Twitter. Namun, hadirnya fitur baru ini sama sekali tidak diduga dan bahkan tidak diumumkan oleh Twitter. Dengan kerja sama ini, branding Foursquare tentunya akan semakin terangkat dan database Foursquare pun akan semakin diperkaya dengan informasi yang diberikan para pengguna Twitter.

“Kami sangat puas pada integrasi [dengan Twitter] yang kian mendalam seiring dengan berjalannya waktu. [Informasi mengenai] lokasi dapat memberikan konteks penting pada setiap momen, dan teknologi location intelligence kami adalah yang terbaik di kelasnya. Kami senang bisa mendukung Twitter di AS, Kanada, Brasil dan wilayah lainnya. Nantikan saja fitur-fitur lain yang akan datang.” ~┬áCEO Foursquare, Jeff Glueck.

Dengan fitur ini, Anda dapat memberi tag pada tweet Anda dengan lokasi tertentu, misalnya “Stadion Gelora Bung Karno” atau lokasi lain tempat Anda berada. Informasi mengenai lokasi ini akan bisa terlihat pada kicauan Twitter Anda.

[Gambar: Techcrunch.com]
Jika Anda memilih lokasi tersebut, maka Anda akan diarahkan pada layar baru yang berisikan map dan feed yang berisikan tweet yang diposting di tempat yang sama. Fitur ini akan berguna jika digunakan pada saat ada sebuah acara atau pertandingan yang berlangsung pada sebuah tempat. Misalnya, jika pada suatu waktu sedang berlangsung pertandingan sepak bola di Stadion Gelora Bung Karno, maka kita bisa dengan mudah melacak live-tweet dari para pendukung tim sepak bola yang sedang menonton langsung di tempat tersebut.

Twitter mengkonfirmasi bahwa pihaknya memang telah meluncurkan fitur location feed atau feed berbasis lokasi ini pada perangkat iOS. Pengguna platform selain iOS diharapkan untuk bersabar karena fitur ini baru tersedia di iOS saja.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID