News

Aplikasi Twitter untuk Android Akan Dilengkapi Dengan Fitur Night Mode?

[Foto: Aulia Ikhsanti | Labana.id]
[Foto: Aulia Ikhsanti | Labana.id]
Twitter dikabarkan tengah menguji coba fitur Night Mode atau Modus Malam pada aplikasi resmi Twitter untuk Android. Fitur yang baru tersedia untuk beberapa penguji alpha ini akan secara otomatis mengubah tampilan user interface aplikasi menjadi lebih gelap dan lebih ‘ramah’ ke mata jika digunakan pada malam hari.

Untuk saat ini, user interface standar yang bertemakan warna putih adalah satu-satunya pilihan yang tersedia bagi pengguna aplikasi Twitter. Jika modus malam ini sudah diluncurkan secara luas, maka user interface Twitter akan didominasi latar belakang berwarna biru gelap dan teks berwarna putih untuk mengimbanginya.

[Gambar: Taylor Wimberly | Google+]
[Gambar: Taylor Wimberly | Google+]
Menurut laporan dari 9to5 Google, pengguna yang melaporkan perubahan ini menggunakan Twitter versi Alpha terbaru (5.112.0-alpha.423) dan juga melaporkan bahwa aplikasi ini secara otomatis kembali kembali ke tema asal yang didominasi warna putih pada pagi hari. Selain itu, dilaporkan tidak terdapat opsi untuk menonaktifkan Modus Malam secara manual. Jika fitur ini sudah diluncurkan, saya harap Twitter menambahkan opsi ini, karena belum tentu semua orang suka dengan tampilan baru ini.

Rupanya, Twitter tidak hanya menguji Modus Malam saja. Twitter juga dikabarkan tengah bereksperimen dengan penempatan tombol yang berbeda. Menurut penguji dan laporan dari 9to5 Google, Twitter juga bereksperimen dengan sliding hamburger menu, overflow menu, dan floating action buttons (FAB) untuk menulis kicauan baru.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, uji coba ini hanya dilakukan pada sekelompok kecil orang-orang saja. Anda yang ingin berpartisipasi dalam uji coba ini harus memiliki aplikasi Twitter versi Alpha dan mendaftar di sini. Meskipun begitu, sedikit sekali orang yang diterima dalam program tersebut. Berbeda halnya dengan test Beta. Dengan mendaftar di sini, Anda sudah pasti bisa masuk menjadi salah satu penguji beta aplikasi Twitter ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID