Tips & Guide

Twitter Memakan Banyak Memori di Ponsel Anda? Ini Dia Cara Menanggulanginya

[Foto: technobezz.com]
Mungkin Anda tidak menyadarinya, namun sebenarnya aplikasi Twitter bisa memakan cukup banyak memori pada penyimpanan ponsel Anda. Seperti yang Anda ketahui, biasanya para pengguna Twitter saling berbagi foto, GIF, maupun video dalam platform ini. Secara default, aplikasi ini secara otomatis akan menampilkan preview atau pratinjau bagi konten yang telah dibagikan. Meskipun jika dihitung satu per satu konten-konten ini memang tidak begitu memakan banyak memori, tapi jika digabungkan maka ia akan memakan kapasitas penyimpanan yang lumayan banyak. Apalagi jika Anda termasuk pengguna yang rajin membuka media sosial yang satu ini seperti saya, bisa-bisa kapasitas penyimpanan Anda tersedot banyak hanya karena Twitter. Untungnya, pengguna Android dan iOS bisa dengan mudah membebaskan memori yang terpakai oleh aplikasi tersebut dan menggunakannya untuk hal yang lebih berguna. Ini dia langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Membebaskan kapasitas penyimpanan pada iPhone

Jika Anda ingin tahu berapa banyak kapasitas penyimpanan yang digunakan Twitter pada iPhone Anda, buka aplikasi resmi Twitter pada ponsel Anda. Kemudian, ketuk tab Me. Pilih tombol Settings kemudian masuk ke Settings -> Data Usage untuk melihat informasinya. Perlu dicatat, menu pengaturan ini akan berlaku pada semua akun Twitter yang ada di dalam aplikasi Twitter Anda.


Di bawah kategori Storage, Anda akan melihat keterangan mengenai memori yang sudah terpakai dalam Media Storage dan Web Storage. Pilih opsi Media Storage -> Clear media untuk menghapus foto-foto, GIF, dan Vine. Untuk menghapus informasi halaman web yang disimpan, pilih opsi Web Storage -> Clear web page storage. Opsi ini secara otomatis akan menghapus halaman web yang telah disimpan, cookies, dan informasi login Anda. Pada bagian pengaturan ini, Anda juga bisa mematikan image preview atau pratinjau gambar yang bisa membantu Anda menghemat kuota juga. Dengan begini, gambar yang muncul di timeline Twitter Anda tidak akan langsung muncul kecuali jika Anda meng-klik gambar tersebut.

Membebaskan kapasitas penyimpanan pada Android

Pengguna Android juga bisa membersihkan data-data Twitter yang memenuhi ponsel mereka melalui Setelan atau menu Settings pada perangkat Android mereka. Berikut ini cara melakukannya.

  • Buka menu Settings atau Pengaturan, kemudian cara Setelan Aplikasi atau App Settings pada ponsel Anda.
  • Jika sudah, cari aplikasi Twitter pada daftar aplikasi yang sudah terpasang pada ponsel Anda. Setelah dibuka, Anda bisa melihat seberapa banyak kapasitas yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Untuk membebaskan memori ponsel Anda, pilih tombol Clear cache.
  • Anda juga bisa memilih opsi Clear data untuk membebaskan memori ponsel Anda. Bedanya, jika Anda menghapus dengan cara Clear data, maka aplikasi tersebut juga akan menghapus semua akun maupun pengaturan yang terhubung dengan aplikasi tersebut. Itu artinya, Anda harus log in ulang jika ingin kembali menggunakan Twitter atau mungkin menyetel pengaturan seperti night mode atau pengaturan locations.

Apakah Anda memiliki cara-cara atau tips lain yang biasa dilakukan untuk mencegah agar sebuah aplikasi tidak memakan terlalu banyak kapasitas penyimpanan?