News

Twitter Perbaharui Aplikasi iOS, Inilah Tampilan dan Fitur Barunya

[Foto: Shutterstock]
Nampaknya mereka yang ada di belakang Twitter sudah tahu bahwa platform tersebut tak hanya digunakan untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi di dunia, dan bukan sekedar jejaring sosial biasa. Twitter adalah tempat untuk membuat perubahan. Karena itulah, Twitter memutuskan untuk berinvestasi lebih besar untuk mengembangkan live video,  membuka fitur Moments untuk semua pengguna, menggenjot kualitas keamanannya, menghapus @namapengguna dari balasan dan menyingkirkan avatar bergambar telur.

Perubahan tersebut tentu saja mengundang reaksi beragam dari para pengguna, baik positif dan negatif. Namun tak ada yang mampu menghentikan Twitter untuk terus melakukan perubahan. Kali ini, mereka akan melakukan penyesuaian yang fokus pada desain penampilan platform tersebut. Penyesuaian tersebut akan berlaku untuk pertama kali bagi pengguna iOS, yang akan mendapatkan tampilan baru di aplikasi Twitter mereka.

Perubahan paling mendasar pada Twitter di iOS adalah pada tab navigasi. Jika sebelumnya ada lima, kali ini hanya akan ada empat tab navigasi. Secara umum, keempat tab tersebut merupakan tab Home (timeline Anda), Search, Notifications (atau Mentions) dan Direct Messages. Untuk mengakses profil, daftar, pengaturan dan akun lainnya, cukup gesek ke kanan untuk melihat menu navigasi samping yang baru. Tampilan ini sudah biasa dilihat di Android, yang penggunanya telah mendapatkan perubahan ini tahun lalu. Kali ini, pengguna iOS bisa menikmatinya juga.

Baca Juga:  Twitter Bekerja Sama dengan Bloomberg untuk Hadirkan Siaran Langsung 24 Jam

[Foto: Twitter]
Perubahan lain pada aplikasi iOS adalah tautan menuju artikel dan situs web, yang sekarang akan membawa pengguna ke Safari’s viewer alih-alih penampil web di dalam aplikasi. Menurut juru bicara Twitter, hal ini dilakukan agar Anda dapat dengan mudah mengakses akun di situs web yang telah Anda masuki, seperti jika Anda memiliki langganan New York Times misalnya. Menggunakan tampilan Safari juga memberi Anda pilihan untuk menggunakan Safari Reader dan Anda juga bisa menggunakan mode penjelajahan pribadi jika Anda mau.


Perubahan desain juga akan diberlakukan, tak hanya di perangkat iOS. Salah satunya, ikon untuk membalas tweet telah diubah dari bentuk panah melengkung menjadi ikon gelembung percakapan. Sebabnya, beberapa orang mengira panah melengkung itu berarti “hapus” atau “kembali ke halaman sebelumnya” alih-alih untuk membalas pesan.

Selain itu, ikon di bawah setiap tweet juga nampak lebih ringan. Tipografi akan lebih konsisten, berita utama akan menjadi lebih berani dan foto profil sekarang akan berbentuk bulat, bukan persegi. Alasan foto profil dibuat bulat adalah untuk membedakannya dengan dari gambar-gambar pada tweets. Perubahan desain ini akan tampil di aplikasi iOS, Twitter.com, Twitter Lite, aplikasi Android, serta TweetDeck.

Baca Juga:  Pemilik Video di Facebook Kini Bisa Menghasilkan Uang Dari Orang yang Membajak Videonya

Perubahan lain yang sangat menarik adalah, update balasan, retweet dan like counts kini akan diperbarui secara real-time tepat di depan mata Anda. Jadi jika ada tweet tertentu yang menjadi viral, Anda akan melihat jumlah retweet dan like counts yang naik dengan cepat tanpa harus melakukan refresh. Perubahan desain khusus ini hanya ada di TweetDeck dan aplikasi mobile; tidak akan ada di Twitter.com atau Twitter Lite.

Twitter mengatakan akan mendengarkan masukan dari pengguna mengenai perubahan ini dan akan segera memperbarui desain lebih lanjut. Sementara itu, banyak orang masih mengharapkan adanya tombol edit yang memang sudah banyak diminta oleh pengguna.

“Hari ini, dengan banyak umpan balik dan gagasan dari Anda, kami telah memperbaharui produk kami dan membuatnya terasa lebih ringan, lebih cepat, dan lebih mudah digunakan Kami mendengarkan dengan seksama dan menyimpan apa yang Anda sukai dan apa yang tidak Anda sukai, dan kami mengambil pendekatan baru untuk memperbaikinya,” kata Grace Kim, kepala riset dan desain pengguna Twitter seperti dikutip dari Telegraph.

Baca Juga:  Google Maps Uji Coba Fitur Baru Untuk Melihat Ketersediaan Lahan Parkir

Reaksi dari pengguna pun datang dengan cepat, melalui hashtag #NewTwitter sedang jadi tren. Keluhan terbesar adalah, Twitter tidak memungkinkan pengguna untuk mengedit tweet.