Home  »  News   »  
News

Twitter Perkenalkan Tab Explore yang Akan Gantikan Tab Moments

[Gambar: blog.twitter.com]
Twitter kabarnya telah mengganti tab Moments pada layanannya dengan tab Explore. Tab baru ini memungkinkan penggunanya untuk menemukan Moment, hasil pencarian, hashtag yang trending, dan live video. Menurut postingan blog Twitter, mereka telah bereksperimen selama beberapa tahun terakhir ini dan mencari cara untuk memudahkan penggunanya bernavigasi pada Twitter.

Hingga saat artikel ini ditulis, fitur ini baru tersedia pada Twitter for iOS saja. Para pengguna Android harus bersabar dulu dan menunggu beberapa minggu ke depan untuk menikmati fitur baru tersebut.


Sebenarnya, semua fitur ini memang sudah ada sebelumnya. Hanya saja, sekarang semuanya terangkum di satu tempat. Masih ingat dengan tab Discover? Ya, tab tersebut juga bertujuan untuk membantu penggunanya untuk menemukan kicauan yang sedang ngetren pada saat itu. Sayangnya, tab tersebut pun tidak tahan lama dan akhirnya digantikan dengan Tailored Trends.

Dengan tab Explore ini, Twitter mengklaim bahwa pengguna bisa semakin mudah dalam menemukan konten yang menarik pada Twitter.

“Tidak akan ada yang dihilangkan,” papar Twitter dalam pernyataannya. “Kami hanya ingin mempermudah Anda untuk menemukan apa yang Anda inginkan.” Meskipun begitu, ini bisa juga dilihat sebagai kemunduran pada fitur Moments, yang gagal meraih momentumnya meskipun Twitter telah mempromosikan fitur tersebut secara besar-besaran sejak Oktober 2015 lalu.

Moments sendiri merupakan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menggabungkan atau membaca serangkaian tweet yang memiliki tema yang sama. Kurang lebih, fitur ini mempermudah pengguna untuk membaca konten yang sudah dikurasi. Misalnya, dengan Moments kita bisa menggabungkan tweet-tweet, foto, maupun video di Twitter yang berhubungan dengan acara pelantikan presiden Donald Trump. Formatnya sendiri berupa slideshow yang bisa kita swipe ke kanan maupun ke kiri.