News

Twitter Suntikkan Dana Sebesar 900 Miliar Rupiah ke SoundCloud

[Foto: thomasbonte | flickr.com]
Dua tahun lalu, Twitter pernah berniat untuk membeli SoundCloud, tapi pada akhirnya rencana tersebut dibatalkan. Sekarang, Twitter kembali menunjukkan minatnya pada SoundCloud dan berinvestasi pada penyedia layanan musik ini.

Menurut laporan dari Recode, Twitter telah menyuntikkan dana sekitar $70 juta (kurang lebih Rp 936 miliar sesuai kurs hari ini) pada SoundCloud sebagai bagian dari investasi yang dikabarkan akan mencapai kisaran $100 jutaan. Dengan rencana investasi ini, nilai SoundCloud kini diperkirakan bisa mencapai $700 juta.

CEO Twitter Jack Dorsey tidak berkomentar lebih lanjut mengenai rincian investasi yang dilakulan oleh penyedia layanan microblogging tersebut, namun ia membenarkan bahwa kini Twitter memegang saham SoundCloud.

“Awal tahun ini kami telah berinvestasi pada SoundCloud melalui Twitter Ventures untuk membantu mendukung [industri] kreatif,” katanya. “SoundCloud adalah mitra utama Twitter selama bertahun-tahun dan [layanan mereka] yang menggunakan pendekatan dukungan komunitas (community-supported) serupa dengan layanan kami.”

Dalam pernyataannya, juru bicara SoundCloud berkata, “Kami bisa megkonfirmasi bahwa Twitter telah berinvestasi pada SoundCloud. Kedua perusahaan sama-sama berusaha untuk memfasilitasi dan mendorong laju budaya kontemporer dengan cara menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Investasi ini memungkinkan SoundCloud untuk tetap fokus dalam membangun nilai bagi seniman dan penikmatnya, dan untuk melanjutkan peluncuran global pada rencana-rencana perusahaan seperti layanan SoundCloud Go yang baru saja kami luncurkan.”

Tidak jelas apakah investasi Twitter adalah bagian dari kemitraan strategis atau tidak. Tapi tampaknya pilihan untuk melakukan investasi ini cukup masuk akal. Integrasi antara Twitter dan SoundCloud bisa menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan layanan Twitter. SoundCloud juga bisa memanfaatkan layanan Twitter untuk mempromosikan layanan berlangganannya yang baru saja diluncurkan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID