Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ubah Speaker Jadul Jadi Speaker Wireless dengan Bluetooth Audio Reciever

 

[Speaker Logitech Z103 / No Bluetooth – Keluaran tahun 2012]
Buat Anda yang sudah membeli speaker sekian tahun yang lalu (di kala speaker bluetooth masih langka -dan mahal), mungkin belakangan ini agak gemas dengan speaker bluetooth yang beredar. Mau beli lagi kok sayang, toh yang lama masih bagus suaranya. Beli baru cuma demi bluetooth ya sayang juga duitnya. Saya sendiri mengalami hal itu. Foto di atas adalah speaker yang saya beli tahun 2012. Harganya relatif murah, sekitar Rp 200rb-an. Suaranya masih bagus-bagus aja, kaya pertama saya beli dulu.

Saya kepikiran, emang gak ada gitu ya alat yang bisa ubah speaker biasa supaya bisa bluetooth? Setelah googling sedikit, langsung ketemu. Ternyata memang beneran ada. Nama alatnya “bluetooth music reciever” atau “bluetooth audio reciever”. Ada macam-macam jenisnya. Ada yang lumayan mewah (seperti merk TP-LINK), harganya ratusan ribu rupiah. Ada juga yang “entahlah mereknya apa”. Harganya sekitar Rp 14rb-25rb (kalau beli online). Murah banget ya.. Untung kemarin saya belum khilaf beli Harman Kardon Go Play Wireless yang saat itu diskon 50%.

[Harman Kardon – Go Play Wireless]
Go Play Wireless ini kalau di-play langsung, memang sih kualitas soundnya juga beda ya dengan speaker saya di atas. Tapi itu kalau default. Ada caranya biar mirip sih. Nanti saya ceritakan.

Oke, kembali soal “bluetooth audio reciever” Wujudnya USB dongle gitu. Beneran kaya flashdisk. Nih, barangnya.

 

Cara pakainya gimana? Simpel banget. USB nya dicolokkan ke sumber listrik, bisa kepala charger, colokan USB di komputer, TV, atau di speaker itu sendiri kalau ada. Setelah dicolokkan nanti akan ada lampu warna biru kedip-kedip, artinya udah nyala. Nah di belakang USB ini kan ada colokan audio, nah kalau speaker kalian sudah ada colokan audio (jack) 3.5mm nya, tinggal colok di sini. Tapi kalau model speakernya ada jack in, berarti gunakan kabel yang ada di foto atas. Ujung satu dicolok ke USB, ujung satu lagi dicolok ke speaker.


Selanjutnya, Anda tinggal nyalakan bluetooth di ponsel atau laptop Anda. USB ini akan terdeteksi. Kalau di saya namanya terdeteksi sebagai “BT-163”. Sudah, tinggal pairing aja. Kalau dari komputer juga sama.

 

Harga

Kalau Anda cari di online kaya Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dll, harga benda ini berkisar antara Rp 14rb-25rb. Sayangnya saya kemarin mau beli pas H+4 Idul Fitri, jadi semua toko online tersebut masih pada tutup. Akhirnya saya ke Mall ITC Ambassador (Jakarta Selatan). Di sini harganya jauh lebih mahal. Rata-rata buka harga Rp 80rb. Saya sudah keliling-keliling, malah ada yang jual Rp 90rb. Akhirnya tawar-tawar ada yang mau ngasih Rp 70rb. Ya sudahlah, saya butuh cepat.

 

Kualitas Suara

Nah ini penting. Saya harus kasih catatan, kualitas suara dari bluetooth ini akan turun. Saya tes dengan memasangkan earphone Apple saya ke USB ini. Bassnya jadi agak hilang. Terus volumenya juga jadi lebih kecil. Ketika saya colokkan speaker Logitech saya tadi, sama, kualitas suaranya juga turun.

Kecewa? Tadinya iya. Tapi ya itulah hidup, manusia cuma bisa berusaha, duit yang menentukan. Eh…

Tenang, saya punya solusinya. Untuk Anda yang memutar musik dari komputer, gampang sih, tinggal setting ulang equalizernya. Rata-rata music player jaman sekarang sudah ada equalizernya. Saya sendiri pakai MacBook dan mendengar lagu dari Spotify. Sayangnya Spotify di komputer tidak ada equalizer. Jadi saya instal eqMac2. Ini audio equalizer untuk Mac. Setelah tuning-tuning sebentar, saya dapat karakter suara yang saya mau dari speaker Logitech jadul saya tadi. Hasilnya gak kalah lah dengan Harman Kardon yang hampir dibeli itu.

Oh iya, untuk Windows, setting equalizer juga bisa dilakukan seperti cara ini. Kalau masih belum puas, mungkin bisa juga instal equalizer tambahan buat Windows seperti ini.

Lumayan kan, hemat.