News

Uber Akan Berkolaborasi Dengan Hyundai Untuk Kembangkan Teknologi Mobil Otonom?

[Foto: Hyundai.com]
Uber dilaporkan sedang membicarakan potensi kerja sama dalam hal mobil swakemudi / otonom (self-driving car) dengan produsen mobil terbesar di Korea Selatan, Hyundai Motor.

Maeil Business News Korea melaporkan bahwa peneliti mobil swakemudi dari perusahaan ridehailing ini mengunjungi pusat penelitian dan pengembangan Hyundai di Hwaseong.

Kunjungan tersebut memungkinkan kedua perusahaan ini untuk mengeksplorasi potensi kolaborasi pada pengembangan teknologi mobil swakemudi dalam bisnis ridehailing.

Uber sebelumnya telah mengungkapkan rencananya untuk meluncurkan layanan taksi swakemudi pada tahun 2020. Untuk mencapai target ini, Uber secara aktif telah mencari mitra yang memiliki teknologi kendaraan swakemudi canggih. Hyundai sendiri merupakan salah satu perusahaan yang ‘melek’ akan teknologi mobil swakemudi ini.

Pengamat industri otomotif mengatakan bahwa Hyundai telah memasukkan teknologi swakemudi ke dalam line produk sedan Genesis mereka. Teknologi mobil swakemudi yang spesifik seperti panduan mengemudi di jalan raya dan sistem pengereman otonom telah dimasukkan dalam rancangan mobil EQ900 dan G80 yang direncanakan akan diluncurkan pada bulan ini.

Hyundai merupakan perusahaan Korea pertama yang mendapatkan izin dari pemerintah untuk menguji coba sedan otonom Genesis di jalan umum pada bulan Maret ini.

Menurut spekulasi, Uber tertarik pada mobil Hyundai model G80 yang telah dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2019. Model ini sepenuhnya akan dilengkapi dengan kemampuan kemudi otonom.

Tapi Hyundai bukan satu-satunya produsen mobil yang dilirik oleh Uber. Sebelumnya, Uber juga dikabarkan berencana untuk membeli—atau mungkin sudah memesan—ribuan mobil otonom keluaran Mercedes-Benz. Sebuah laporan mengatakan bahwa Uber sudah memesan 100.000 mobil model S-Class dari Mercedes-Benz, dengan total harga yang hampir menginjak angka $12 miliar. Selain itu, sebelumnya Fiat juga dikabarkan berminat untuk menjadi pemasok mobil swakemudi kepada Uber dan Amazon.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID