News

Uber India Jalin Kerja Sama Dengan Penyedia Layanan Streaming Musik, Gaana

[Saurabh Dash | via mashable.com]
Gaana, salah satu penyedia layanan streaming musik yang populer di India telah bekerja sama dengan perusahaan ridehailing Uber untuk memanjakan penggunanya saat menggunakan Uber. Dengan kerja sama ini, penumpang Uber bisa mendengarkan lagu pilihan mereka sendiri ketika mereka sedang menggunakan jasa Uber di Mumbai. Untuk menikmati layanan ini, penumpang tinggal menghubungkan ponselnya ke speaker mobil Uber yang ditumpanginya dan memilih lagu-lagu yang diinginkan.

Layanan Gaana ini akan tersedia dalam berbagai platform seperti UberBlack, UberGo, UberWifi, dan UberSUV. Selain itu juga, pengguna otomatis akan mendapatkan 2 bulan subscription Gaana+ pada awal promo. Di Amerika Serikat, Uber juga sudah memberikan layanan dan promo serupa dengan menggunakan Spotify.

Kerja sama Gaana dengan Uber nampaknya serupa dengan kerjasamanya dengan Micromax. Pada Oktober 2015, Micromax yang merupakan perusahaan produsen smartphone ini menyuntikkan sejumlah dana kepada Gaana untuk membuat aplikasi tersebut tersedia di setiap ponsel keluaran Micromax. Dengan kerja sama ini, para pengguna ponsel Micromax akan mendapatkan free trial atau masa uji coba Gaana+ secara cuma-cuma.

Prashan Agarwal, COO Gaana, berkomentar mengenai kemitraannya dengan Uber.

“Pecinta musik tentunya ingin mendengarkan musik pilihan mereka sendiri tanpa jeda maupun gangguan, dan dengan kerja sama ini kami ingin memberikan kenikmatan ini pada penumpang [Uber] melalui Gaana. In-car entertainment (hiburan dalam mobil) merupakan segmen utama bagi para pendengar kami. Selain itu, dengan kerja sama ini kami ingin mendemonstrasikan brand message Gaana sendiri yaitu ‘musik di mana saja’—Jo bhi situation Bas bajna Chaiye Gaana.”

Gaana mengklaim bahwa koleksi lagunya mencapai 10 juta lagu dalam 22 bahasa, dan aplikasinya telah diunduh sebanyak 42 juta kali. Times Internet, perusahaan yang menaungi Gaana, juga dilaporkan telah menjalin kemitraan strategis dengan Uber dan menginvestasikan Rs 1.5 miliar (setara dengan Rp 297 miliar) pada perusahaan tersebut.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID