Home  »  News   »  
News

Ujicoba Sudah Dilakukan, Kapankah Kita Bisa Menikmati Jaringan 5G?

Apple mulai menguji jaringan 5G
[Foto: Shutterstock]
Bulan Mei lalu, menurut laporan Business Insider, Apple meminta izin untuk mulai menguji teknologi 5G. Beberapa bulan kemudian, permohonan perusahaan tersebut secara resmi telah disetujui oleh Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (FCC) untuk mulai menguji teknologi jaringan 5G di dua lokasi di dekat kantor Apple di Silicon Valley, California, AS.

Saat ini, hampir setiap operator seluler utama di Amerika Serikat (AS) bekerja keras untuk mempersiapkan teknologi nirkabel 5G, sebelum peluncurannya dalam beberapa tahun. Sementara itu, para manufaktur perangkat keras dan gadget harus segera mempersiapkan produk yang mampu mendukung jaringan 5G saat hari itu tiba.

Meskipun spesifikasi 5G belum sepenuhnya ditetapkan, diketahui FCC telah menyetujui pita 28GHz dan 39GHz untuk jaringan 5G komersial tahun lalu. Hal itu juga telah disinggung oleh Apple dalam aplikasi pengujian yang disetujui saat ini.

Pita 28GHz khusus ditujukan untuk transmisi ground-to-space, dan Apple dilaporkan telah mempekerjakan insinyur dengan pengalaman mengembangkan satelit sebelum pengujian.

Perusahaan tersebut mulai mendasarkan operasinya dari dua lokasi—satu di Yosemite Drive di Milpitas, California, dan satu lagi di Mariani Avenue di dekat kantor pusatnya di Cupertino, California.


Apple mengatakan akan menjalankan eksperimen dalam waktu kurang dari satu tahun, yang akan mengakhiri tahap pengujian tepat sebelum peluncuran iPhone 9 yang diperkirakan pada akhir 2018. Pengujian tersebut masih sedikit lebih awal dari saat 5G diperkirakan akan tiba—Sprint, misalnya, berencana meluncurkan jaringannya pada akhir 2019, dan operator lainnya menargetkan rentang waktu yang sama.

Bagian dari penundaan ini disebabkan oleh fakta bahwa lembaran spesifikasi 5G mungkin tidak akan diputuskan sampai musim semi 2018 saat mitra industri berkumpul. Sementara itu, operator telah memulai siklus pemasaran. Pada bulan April, AT & T mengumumkan peluncuran layanan Evolusi 5G di Austin, Texas, dengan beberapa kota lain akan segera menyusul.

Evolusi 5G menggunakan beberapa teknologi yang harus memainkan peran dalam gambar 5G keseluruhan, seperti agregasi carrier dan Multiple Input, Multiple Output (MIMO) 4 × 4. Namun, aspek lain, seperti small cells—menara miniatur yang dapat ditempatkan di bangunan dan kurang menarik daya—dan gelombang milimeter frekuensi tinggi, merupakan aspek utama dari 5G yang mungkin tidak disukai pelanggan sampai standar debut dengan sungguh-sungguh.

FCC juga secara resmi menyetujui permohonan Apple untuk melakukan sebuah lisensi eksperimental yang memungkinkan perusahaan tersebut menguji teknologi jaringan 5G.

Selain Apple, Verizon juga tengah mengujicoba jaringan 5G. perusahaan tersebut mengatakan bahwa tes gelombang 5G milimeternya sekarang sedang berlangsung di AS. Mereka juga berinvestasi untuk memperkokoh jaringan nirkabel secara keseluruhan.

Verizon mengumumkan musim semi ini bahwa mereka memulai tes nirkabel 5G di 28GHz di 11 kota di AS. “Kami sekarang berdiri dan berlari dalam delapan dari 11 uji coba komersial pada gelombang milimeter,” kata CFO Matt Ellis pada telepon kuartal kedua.

Verizon sebelumnya mengatakan bahwa tes mmWave 5G telah menembus tingkat gigabit-per-detik di atas udara, namun Ellis menolak memberikan angka konkret pada tes saat ini untuk saat ini. “Ini akan terjadi di akhir tahun sebelum kita mulai melihat hasil dari uji coba tersebut,” katanya.

Verizon bekerja sama dengan Samsung Corp., Ericsson AB dan beberapa pihak lainnya pada tes saat ini. Ellis tidak mengatakan kota mana yang beroperasi sekarang.