Home  »  News   »  
News

Untuk Kurangi Kenakalan Siswa, Sekolah di Inggris Uji Coba Penggunaan Kamera Pengawas Pada Guru

[Foto: Bodycam yang biasa dipasangkan pada polisi | straitstimes.com]Jika sebelumnya polisi lah yang dipasangi kamera di tubuhnya, kini giliran guru yang mendapatkan perlakuan yang serupa. Menurut keterangan, langkah ini diambil guna mengurangi tingkat kenakalan pada murid-murid. Dua sekolah menengah di Inggris dilaporkan tengah menguji coba usaha ini, Menurut seorang dosen di University of Portsmouth Tom Ellis, para guru yang dipasangi kamera (bodycam) dapat menggunakan kamera tersebut untuk merekam insiden tertentu, misalnya jika ada ancaman yang diberikan kepada staf maupun siswa. Ini artinya, kamera tersebut tidak akan merekam setiap saat karena guru yang dipasangi kamera tersebut bisa mengatur sendiri kapan kamera tersebut harus dinyalakan.


Pemerintah sengaja tidak mengumumkan nama-nama sekolah yang menguji coba fasilitas ini agar uji coba dapat berlangsung tanpa ada halangan. Para siswa sebelumnya akan diberitahu jika mereka akan direkam oleh para guru, lalu cuplikan video rekaman akan dienkripsi dan disimpan pada sistem cloud seperti yang dilakukan oleh kepolisian Inggris pada bodycam-nya.

“Saya akan sangat berhati-hati dalam memperkenalkan bodycam pada kelas umum. Ada beberapa kasus di mana penggunaan [bodycam] sebagai alat pendukung tidaklah tepat, terutama di sekolah yang banyak terjadi kekerasan.” Papar Tom Bennet, seorang guru dan konsultan Departemen Pendidikan di bidang ketertiban sekolah, kepada The Guardian. “Kamera dapat mengubah hubungan antara penggunanya dengan lingkungannya. Alih-alih dilihat sebagai seorang murid, para siswa akan dilihat sebagai tersangka.”

Menurutnya, sekolah seharusnya memusatkan perhatiannya untuk memberikan pelatihan bagi staf untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung. “Bagi saya kamera merupakan solusi yang mahal dan kompleks untuk sebuah masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara yang lebih berarti dari sekedar teknologi,” tambahnya.

Inggris bukanlah yang pertama kalinya menerapkan penggunaan kamera ‘pengawas’ di lingkungan sekolah. Sebelumnya, Amerika Serikat juga sudah memasangkan bodycam petugas sekolah. Hanya saja, bukan guru yang mengenakannya melainkan satpam sekolah yang bertanggung jawab atas keamanan dan mencegah kejahatan pada sekolahan di Amerika Serikat.