Review

Usaha Setengah Hati XL untuk Membantu UKM Lewat GerbangUsaha.com (Usahawan 1.0)

[Gambar: GerbangUsaha.com]

PT. XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan produk baru dari layanan XL Cloud. Produk ini dinamakan Usahawan (sewaktu rilis di Medan pada 24 Oktober 2014 lalu). Sewaktu diluncurkan di Yogyakarta, produk ini diberi nama Usahawan 1.0 memperbaharui Usahawan 0.8 yang diluncurkan di Medan tadi. Setidaknya begitu pernyataan dari Plt. Direktur Layanan Digital XL, Yessy D Yosetya.

Namun walaupun diberi merek Usahawan 1.0, alamat website nya sendiri menggunakan nama www.GerbangUsaha.com. Suatu keputusan yang agak aneh memberi dua merek berbeda untuk produk yang sama.

Haryo Wibowo (VP XL Regional Sumatra), seperti dikutip dari rilis pers XL di Medan tadi, menyatakan bahwa tujuan dari Usahawan ini adalah untuk memberikan “Layanan data yang mudah dan murah” bagi UKM di Indonesia. Target market XL sendiri adalah 70% dari 56,5 juta UKM yang belum fasih dengan IT.

Melalui produk ini, beberapa fasilitas diberikan bagi pelaku UKM. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah: Website/Personal Blog/Company Profile, konversi website ke e-commerce, email dan penyimpanan data. Kurang jelas yang dimaksudkan penyimpanan data di sini apakah file-server atau space hosting.

Agak susah menebak niat XL membuat produk ini. Karena terlepas dari niatnya membantu UKM ataupun sekadar memperbesar portofolio bisnis, eksekusi dari Usahawan ini terlihat masih setengah hati.

Untuk melihat lebih jelas seperti apa sebenarnya Usahawan / GerbangUsaha.com ini, kami mencoba mengulas dengan ikut mendaftar.

Desain

Tampilan desain halaman utama GerbangUsaha.com cukup baik (lihat screenshot di atas). Logo, menu dan penataan warnanya sudah baik, paling tidak sudah sebanding dengan tampilan situs-situs modern jaman sekarang.

Paket & Layanan

Masuk ke dalam menu Paket & Layanan, kita disuguhkan dengan pilihan paket. Yang membingungkan adalah di paket Standar terdapat label “Free”, yang membuat asumsi bahwa paket ini gratis. Namun di bawahnya tertera biaya perbulan Rp. 65.500.

Menilik kembali ke dalam berita di situs XL, sepertinya yang dimaksud adalah “Fitur Website gratis, namu fitur lainnya berbayar. Besarnya 65 ribu rupiah per bulan.”

Tetapi walaupun ini benar, label “Free” ini tetap janggal. Jika memang yang dimaksud “Free” adalah fitur websitenya, mengapa paket yang lain tidak diberi label “Free” juga? Padahal paket – paket yang lain pun fitur websitenya gratis.

Panduan

Masuk ke dalam halaman Panduan Company Profile, halaman inilah yang muncul:

Sepertinya halaman ini pun tidak bisa memandu apapun.

Registrasi

Sewaktu mencoba registrasi, ada pilihan untuk: memasukkan nama domain yang sudah kita miliki atau mendaftarkan nama domain baru. Untuk percobaan ini, kami memilih menggunakan domain baru: usahawan10.com. Paket yang dipilih adalah Standar “Free”.

Template

Selanjutnya kami diarahkan untuk memilih template website. Kami memilih Blog/Personal Site.

Keranjang Belanja

Sepertinya perihal “Free” tadi masih membuat rancu sampai disini. Dalam item di atasĀ  disebutkan nilainya Rp. 65.500, tetapi total biayanya Rp. 0.

Mungkin memang yang dimaksud benar-benar gratis. Sebelumnya XL memberikan masa promosi. Mulai 4 Oktober hingga 24 November 2014 XL memberikan 100 domain gratis. Bisa jadi masa promosi ini diperpanjang.

Di salah satu bagian, ada form yang meminta password email kita. Kami sempat menyangka website ini meminta email kita. Padahal (sepertinya) yang dimaksud adalah apa password yang akan diberikan ke email yang baru di-create. Dalam contoh ini, kami diminta memberikan password untuk email [email protected]

Kami memilih mengosongkan saja password email ini. Sekaligus untuk melihat apakah ada validasi untuk password yang kosong. Ternyata tidak ada. Walaupun password kami kosongkan, prosesnya tetap berjalan normal.

Email Konfirmasi

Sayang sekali, di email ini tidak disebutkan petunjuk untuk melakukan konfirmasi pembayaran maupun link ke halaman konfirmasi. Untuk yang awam dengan IT, kemungkinan besar akan tersesat di sini. Kita diminta untuk mentransfer sejumlah uang, setelah itu tidak ada petunjuk kelanjutannya lagi.

Konfirmasi

Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan sistem pembayaran online mungkin sudah paham bahwa mereka harus kembali ke website tersebut lalu mencari menu konfirmasi.

Di Usahawan ini, menu tersebut terletak di bawah nama login kita.

 

 

 

Setelah mengisi konfirmasi, akan ada pengiriman email notifikasi kembali. Di email ini diinformasikan bahwa registrasi kita sedang diverifikasi.

Karena percobaan ini dilakukan tengah malam, dan kemungkinan verifikasinya dilakukan manual, maka usahawan10.com masih belum tersedia.

Kesimpulan

Bagi mereka yang sudah fasih dengan dunia website pun, kemungkinan masih akan menemukan beberapa kejanggalan seperti di atas ketika mendaftar. Namun, terlepas dari beberapa kekurangannya, proses bisnis Usahawan ini bisa dibilang bukan lagi untuk pemula IT.

Jika XL menyatakan target market mereka adalah 70% UKM yang belum menggunakan solusi IT, maka tidak salah jika produk ini masih kami sebut setengah hati. Setengah hatinya lagi mungkin bisa didapatkan jika XL melakukan pendampingan ke setiap UKM yang mau menggunakan solusi ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID