News Review

Versi Baru Google Play Newsstand Tampil Lebih Apik dan Personal

[Foto: Retno Wulandari]
[Foto: Retno Wulandari]
Kabar gembira buat para penikmat bacaan digital. Google baru-baru ini telah merilis versi baru dari Google Play Newsstand. Kini digital one-stop shop untuk membaca berita harian, majalah, dan konten-konten tertulis lainnya ini tampil lebih menarik, masih dengan home-screen berisi update-update terbaru.

Karena bukan merupakan aplikasi pre-installed seperti YouTube atau Google Play Music, Google Play Newsstand cenderung diabaikan oleh pengguna. Akan tetapi, aplikasi Google ini dinilai cukup baik untuk mengonsumsi konten berita serta majalah, dan beberapa pengguna smartphone mengaku membuka aplikasi ini secara reguler untuk membaca konten-kontennya. Nampaknya Google kali ini ingin meningkatkan readability Newsstand dengan memberi tampilan serta fitur baru.

Jika dilihat sekilas, desain versi 4.0 yang baru terlihat lebih personal, aplikasi ini menyapa nama Anda dalam tab yang berjudul “For You” dengan beberapa update mengenai konten tertulis dan video berbasis topik yang kira-kira Anda sukai (yang dilihat dari aktivitas terakhir Anda).

Menu navigasi juga telah diganti dengan empat bagian utama yang baru, termasuk label “For You” (menggantikan “Read now”), berisi beberapa label lainnya seperti “Library”, “Explore”, dan “Read Later” (menggantikan “Bookmark”). Pengguna-pun bisa mengakses setiap bagian ini untuk mengonsumsi konten sesuka mereka.

Seperti halnya aplikasi Google lain yang baru-baru ini mendapatkan face-lift, Google tidak melakukan perubahan radikal terhadap cara kerja Newsstand. Pembaruan yang dilakukan raksasa teknologi tersebut lebih berupa pematangan konsep desain, contohnya seperti label yang lebih terlihat dan mudah diakses, yang menggantikan menu gaya hamburger yang cenderung menyulitkan pengguna dalam mencari konten.

Warna ungu cerah yang menjadi warna Newsstand selama ini juga telah diubah menjadi ungi agak gelap yang lebih elegan.

Selain tampilan yang berubah, artikel dan konten-konten di Newsstand yang dikurasi oleh editor bisa ditemukan di “Local Stories” dan “Editor Picks.” Artikel tersebut merupaka gabungan dari topik-topik yang pernah diakses pengguna, sehingga diharapkan bisa sesuai dengan minat si pengguna.

Konten-konten individual tampil dalam grafis berbentuk kartu yang menampilkan gambar header besar, video YouTube dalam artikel, atau video klip yang tayang otomatis. Setiap kartu dilengkapi judul, publikasi, opsi share sheet, dan tombol “Read Later” untuk menyimpan konten. Menu yang baru juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan konten dari publikasi, dan pengguna juga bisa mengatur apakah mereka ingin melihat sugesti konten yang lebih sedikit atau lebih banyak.

Bila dibandingkan dengan aplikasi pembaca berita lainnya, Google Play Newsstand memiliki kelebihan berupa kemampuan untuk menawarkan konten-konten yang sangat personal, yang diterjemahkan dari kebiasaan pengguna ketika berselancar di Internet.

Menurut review dari seorang pengguna, pembaruan yang dilakukan Google cukup bermanfaat. Pengguna tersebut menggunakan Play Newsstand untuk membaca berita sehari-hari, dan cukup senang bahwa aplikasi tersebut kini menampilkan update dari situs-situs yang sering ia akses di bagian “Library”-nya, dan menilai akses menu titik tiga dalam Library tersebut cukup mudah diakses.

Namun ternyata, tak semua orang suka dengan update Newsstand. Menurut seorang pengguna, Newsstand yang mengakses lokasi tanpa izinnya untuk menampilkan berita lokal dan laporan cuaca cukup membuatnya gusar. Menurut dia, “Google jelas curang. Dalam aplikasi seperti ini, bagi saya, sapaan yang bersifat personal (menyebut nama) terasa lebih menyeramkan ketimbang ramah. Saya tak suka bagian ‘Highlights’ dan bagian ‘For You’ dari aplikasi ini. Saya telah menon-aktifkan feed Google Now dan menghilangkan snippet dari Google Chrome, namun Google tetap saja bisa menawarkan artikel-artikel yang mereka kira saya tertarik melihatnya.”

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan Google Play Newsstand dalam versi baru ini?

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID