Tips & Guide

Waduh, Google Diam-Diam Rekam Ucapan Penggunanya?

[Foto: Digitaltrends.com]
Bagi para pengguna Google Now di Android, Anda harus lebih berhati-hati  terhadap apa pun yang Anda ucapkan karena dengan mengucapkan “Ok, Google” maka secara otomatis Anda telah menyalakan mode rekam pada Android Anda. Dengan kata lain, semua percakapan yang Anda lakukan di sekitar ponsel Anda bisa terekam dan tersimpan di arsip Google. Oleh karenanya, jika Anda ingin menjaga privasi, sebaiknya Anda matikan saja layanan ini pada platform Android Anda.

Tapi, jika Anda ingin mendengarkan ucapan-ucapan yang telah direkam Google atau mungkin menghapusnya, Anda bisa mengunjungi laman Google History dan log in melalui akun yang dulu Anda gunakan saat melakukan pencarian dengan suara. Di halaman tersebut, Anda bisa menemukan riwayat pencarian suara Anda secara mendetail, lengkap dengan transkripnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan informasi mengenai aplikasi apa saja yang Anda gunakan, di mana dan kapan, semuanya tercantum di sana.

Jika Anda ingin menghapusnya, pilih opsi “More” -> “Delete Option” -> “Advanced” lalu Anda tinggal mengikuti perintah yang diberikan selanjutnya. Jika Anda ingin menghapus data-data tertentu saja, maka Anda tinggal meng-klik check box di sebelah kiri dan pilih opsi “Delete.”

Cara termudah untuk menghentikan upaya Google untuk merekam ucapan Anda adalah dengan mematikan fitur virtual assistant dan berhenti menggunakan voice search atau pencarian dengan ucapan. Jadi, jika menurut Anda hal ini mengganggu privasi Anda, lebih baik gunakan saja cara lama yaitu dengan menggunakan teks pencarian. Tapi , tentu saja jika Anda memilih untuk tidak menggunakan fitur tersebut, Anda akan kehilangan salah satu kelebihan utama dalam penggunaan Android atau aplikasi Google Search. 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID