News

Walmart Berencana Gunakan Drone di Gudang Barangnya

[Foto: Siliconangle.com]
[Foto: Siliconangle.com]
Walmart sudah lama mengungkapkan keinginannya untuk menggunakan drone dalam bisnis mereka. Pada awalnya tujuan mereka adalah untuk mempercepat pengiriman barang, seperti yang telah dilakukan oleh pesaingnya, Amazon. Tapi sebelum hal itu diwujudkan, drone ini rencananya akan digunakan untuk manajemen inventaris di dalam gudang barang Walmart. Drone tersebut bisa beterbangan dan memindai barang yang ada untuk melihat barang mana yang stoknya semakin menipis.

“Kami masih berada dalam tahap awal pengujian dan masih berusaha memahami bagaimana drone bisa digunakan dalam berbagai fungsi bisnis,” ujar Wakil Presiden Strategi Logistik Walmart, Shekar Natarajan, pada wartawan.

[Foto: Fortune.com]
Drone yang dikendalikan dari jarak jauh ini bisa merekam produk-produk sebanyak 30 frame per detik di lorong dan memberitahu pengguna jika stok produk menipis atau jumlahnya tidak sesuai dengan data. Menurut laporan The New York Times yang sudah melihat langsung demonstrasi penggunaan drones di gudang Walmart, drone tersebut berkeliling dan bekerja di lorong yang dipenuhi oleh kardus-kardus barang. Jumlah kardus tersebut sangatlah banyak, bahkan tinggi tumpukannya bisa mencapai langit-langit gudang.

Natarajan mengatakan, drone ini dapat mempercepat proses pemeriksaan stok di gudang menjadi satu hari saja. Jika dikerjakan secara manual, diperlukan waktu satu bulan untuk menyelesaikannya. Robot-robot ini bisa dengan mudahnya menggantikan tenaga kerja manusia dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien. Tentu saja keberadaan drones ini akan mengancam tenaga kerja manusia yang ada karena tugasnya kini bisa digantikan oleh robot.

Meskipun drones sudah dengan bebas berkeliaran di dalam gudang barang, namun hukum dan peraturan mengenai drones pengirim masih belum jelas. Untuk saat ini, kita mungkin baru bisa melihat drones tersebut digunakan di dalam bangunan Walmart dan belum digunakan untuk mengirimkan barang ke rumah. Berdasarkan pernyataan Walmart pada The New York Times, pihaknya berharap dalam enam sampai sembilan bulan ini drones akan secara aktif digunakan di beberapa gudang barang Walmart.

Penggunaan drone ini nampaknya merupakan upaya Walmart untuk menekan harga dan meningkatkan penjualan online agar tidak kalah dari pesaingnya, Amazon. Kira-kira, apakah toserba atau toko swalayan di Indonesia akan menerapkan hal yang serupa seperti di Walmart? Meskipun sepertinya masih terlalu jauh dan mahal untuk diterapkan Indonesia, tentunya kemungkinan akan selalu ada. Kita lihat saja bagaimana ke depannya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID