News

Waspada Dengan Situs Penipuan Berkedok Kloningan Kickass Torrent

[Gambar: kat.am]
Para pengguna setia Kickass Torrent pastinya sangat kecewa ketika mendengar bahwa pendirinya, Artem Vaulin, ditangkap oleh pihak yang berwenang dan mengakibatkan ditutupnya situs berdomain KAT.cr tersebut. Namun, bagi sebagian orang ini adalah momen yang tepat untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan KAT dan memulai domain baru.

Ya, situs Kickass Torrent dilaporkan telah aktif kembali di bawah domain KAT.am menyusul ditutupnya domain asli situs torrent tersebut pada bulan lalu. Tapi, jangan dulu senang. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, KAT.am sebenarnya merupakan sebuah penipuan yang berkedok situs duplikat KAT.

Domain KAT yang asli memang memungkinkan para penggunanya untuk mendaftar dan menggunakan platform tersebut. Situs tersebut juga mengimplementasikan otentikasi dua faktor bagi pengunjungnya, tetapi mereka tidak pernah meminta informasi finansial dari penggunanya selama atau setelah proses pendaftaran. Selain itu, Anda masih tetap bisa mengunduh file torrent meskipun Anda memilih untuk tidak mendaftar. Namun anehnya, ketika saya mencoba masuk ke KAT.am dan mengunduh sebuah file, situs tersebut tidak hanya meminta penggunanya untuk mendaftar dan membuat akun baru—mereka bahkan meminta rincian kartu kredit penggunanya. Setelah pengguna mendaftar, mereka akan diarahkan ke situs lain yang sangat mencurigakan. Jika pengguna memilih untuk tidak mendaftar, maka mereka tidak akan bisa mengunduh file apapun dari situs penipuan tersebut.

Kloningan KAT yang mencurigakan ini nampaknya memang tidak dibuat oleh kru Kickass Torrent yang asli. Disinyalir, kasus penutupan situs Kickass Torrent yang asli ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak dan bertanggung jawab untuk menjebak para pengguna.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file-file bajakan, harap diingat bahwa jika Anda mengunduh sesuatu secara ilegal, maka resikonya akan selalu tinggi. Seperti membeli kucing di dalam karung, kita tidak akan tahu apakah data yang diberikan itu benar-benar aman. Dalam kasus ini, kita tidak tahu apakah setelah kita memasukkan data finansial kita, kita akan bisa mengunduh file torrent yang diinginkan. Yang jelas, modus penipuan semacam ‘register to download’ ini sudah banyak terjadi sejak bertahun-tahun lamanya. Jadi, be smart dan jangan sampai Anda menjadi korban penipuan yang berikutnya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID