Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Waspada Laptop Overheat! Ini 5 Langkah Mudah untuk Mengatasinya

[Gambar: Lifewire.com]
Masalah laptop yang panas berlebihan pasti pernah Anda alami sebagai penggunanya. Saat suhu panas berlebihan, maka kinerja perangkat akan melambat dan hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja yang Anda lakukan.

Tidak perlu khawatir saat ini terjadi, sebab saya akan membagikan beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi panas laptop yang berlebihan.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

1. Gunakan Laptop di Tempat yang Bersirkulasi Baik

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah gunakanlah laptop pada tempat yang memiliki sirkulasi yang baik. Jangan pernah meletakan laptop di tempat yang pengap seperti di atas bantal atau di atas kasur.

Laptop yang diletakkan di atas kasur bisa membuat sirkulasi udara menjadi buruk, dikarenakan udara panas akan terperangkap oleh kasur dan menghalangi sirkulasi udara yang masuk. Saat sirkulasi udara memburuk akan membuat laptop lama kelamaan menjadi kelebihan panas atau overheat dan kemudian akan mempengaruhi performa laptop yang Anda miliki.

2. Jangan Lupa Menggunakan Cooling Pad

Baca Juga:  Mulai dari Nyatakan Cinta hingga Pesan Sarapan, Ini 9 Cara Kreatif Memanfaatkan Spotify

Setelah itu Anda perlu mengurangi overheat pada laptop dengan cara mengalirkan udara segar ke dalam laptop. Oleh karena itu penggunaan cooling pad sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah laptop dari panas yang berlebihan.

Namun, Anda harus membersihkan cooling pas secara rutin agar debu yang menempel tidak ikut terbawa masuk ke dalam laptop saat digunakan.


3. Rutin Membersihkan Kipas

Kipas yang selalu digunakan menjadikan banyak sekali debu yang masuk dan menempel ke dalam laptop. Saat ini terjadi, maka kecepatan kipas akan melambat dan menurun. Lakukan pembongkaran dengan segera untuk membersihkan kipas laptop sampai benar-benar bersih dari kotoran. Saat akan membongkar laptop Anda harus berhari-hati agar keadaan laptop tetap baik untuk digunakan.

4. Menambahkan Thermal Pasta

Saat laptop terus menerus digunakan akan mengakibatkan lapisan thermal pasta yang ada di prosesor akan mengering.Thermal pasta ini bermanfaat untuk mengatur keluarnya panas dari prosesor.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda menambahkan thermal pasta secara rutin agar panas yang ada di dalam prosesor bisa dihantarkan dengan baik dan optimal.

Baca Juga:  Trik Mudah Memperbaiki Headphone yang Tidak Nyala

5. Jangan Lupa untuk Mengistirahatkan Laptop

Jangan menggunakan laptop secara berlebihan dalam waktu yang lama dan terus menerus. Apalagi jika Ada gunakan untuk melakukan pekerjaan berat seperti bermain games dan mengedit foto dan video. Jika, Anda sedang sibuk dan harus menggunakan laptop secara terus menerus, maka ada baiknya mengistirahatkan laptop dari penggunaan yang berlebihan.

Perangkat sama seperti manusia yang membutuhkan waktu untuk beristirahat dan tidak bisa dipaksa untuk bekerja secara terus menerus. Waktu yang dibutuhkan untuk mengistirahatkan laptop sekitar 30 menit untuk kemudian digunakan kembali. Saat laptop diistirahatkan Anda perlu mematikan laptop secara total dari kerja yang dilakukan.

Cara di atas bisa menjadi solusi praktis bagi Anda yang sering mengalami panas berlebihan pada laptop yang dimiliki. Poin utama yang ada dari pembahasan di atas adalah lakukan tindakan pencegahan agar laptop yang Anda miliki tidak mengalami panas yang berlebihan secara terus menerus.

Saya berharap informasi di atas bisa memberikan inspirasi dan pengetahuan kepada Anda semua. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada lebih banyak orang melalui media sosial masing-masing.

Baca Juga:  Cara Mudah Berbagi Lokasi Anda dengan Google Maps