Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Waspadai Pengeluaran Tak Terduga Saat Mudik

Biaya Mudik Lebaran

Menjelang Lebaran atau hari raya, Anda sudah sibuk untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Mulai dari pakaian, kue, kendaraan, juga biaya khusus untuk mudik lebaran, apabila Anda merupakan seseorang yang wajib mudik. 
Persiapan yang matang untuk biaya mudik Lebaran ini menjadi hal yang wajib dilakukan agar rencana pulang kampung menjadi menyenangkan dan sesuai dengan perkiraan Anda. Tentu saja, merayakan Idul Fitri bersama keluarga sudah terbayang jelas dalam benak Anda.
 

Waspadai Pengeluaran Biaya Mudik Lebaran Tak Terduga

Walaupun sudah dipersiapkan secara matang dan detail, selalu ada saja persiapan mudik yang kurang dan membutuhkan budget lebih. Agar Anda tidak mengalami hal tersebut, sebaiknya waspadai pengeluaran tak terduga pada biaya mudik Anda.
Mau tahu apa saja daftarnya? Baiknya Anda waspadai lima pengeluaran tak terduga ini:

1. Pesawat Delay atau Batal

Salah satu moda transportasi yang paling mudah dan cepat adalah pesawat terbang. Pastinya Anda telah mempersiapkan tiket dari jauh-jauh hari agar bisa berlebaran di kampung halaman. Di luar dari harganya yang mahal, pesawat masih dirasa menjadi alat transportasi yang efektif.
Gangguan yang dapat terjadi saat Anda memilih mudik menggunakan pesawat adalah delay atau pembatalan yang diakibatkan oleh kesalahan teknis. Jika Anda tidak menyertakan asuransi perjalanan, tentunya ini menjadi mengesalkan.
Anda harus menambah uang ekstra untuk membeli tiket baru yang harganya sudah pasti jauh lebih mahal dan menambah pengeluaran dari biaya mudik lebaran yang sudah Anda rencanakan. 
 

2. Biaya Perawatan Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya Anda melakukan pengecekan pada kendaraan pribadi. Lakukan pengecekan setidaknya satu minggu sebelum Anda berangkat mudik. Selain lebih murah, keuntungan lainnya Anda tidak perlu antre dengan kendaraan lainnya. 
Selain menghemat biaya mudik Lebaran, Anda juga meminimalisir risiko mogok di jalan karena Anda lupa melakukan pengecekan. Memperbaiki kendaraan saat mudik akan jauh lebih mahal ongkosnya jika dibandingkan dengan melakukan pengecekan sebelum mudik. 
 
 

3. Pemberian Angpao


Bagi para perantau, mudik menjadi hal yang membanggakan, karena Anda sudah dianggap sukses diperantauan. Saat mudik sebaiknya Anda tak perlu menghambur-hamburkan uang dengan hal yang tak penting.
Selalu hitung jumlah keponakan dan sanak saudara sebelum membagikan angpao lebaran.  Selain mengontrol pengeluaran biaya mudik Lebaran Anda, membuat list seperti ini juga memudahkan Anda mengingat nama mereka saat mengunjungi sanak saudara untuk bersilaturahmi. 
 

4. Biaya Rekreasi

Momen mudik bisa dimanfaatkan untuk rekreasi bersama keluarga. Menikmati objek wisata di kampung halaman yang belum pernah Anda kunjungi pasti merupakan salah satu agenda sendiri.
Hal ini bukanlah suatu masalah jika Anda telah memasukkan budget rekreasi ke dalam biaya mudik Lebaran. Ada baiknya hal ini Anda batasi jika tidak memiliki budget khusus, agar pengeluaran Anda tidak membengkak. 
 

5. Biaya Sakit

Saat mudik Anda akan melakukan perjalanan jauh. Hal ini tentu membutuhkan kondisi tubuh yang bugar dan prima. Lalu, bagaimana apabila saat mudik Anda malah mengalami sakit ataupun kelelahan?
Hal ini perlu Anda waspadai! Pengeluaran lebih untuk obat juga dapat membebani biaya mudik lebaran Anda. Jagalah tubuh untuk tetap bugar, dan sebaiknya makanlah makanan yang menyehatkan serta istirahat dengan cukup.
 
Tradisi mudik memang sangat menyenangkan, apabila didukung dengan biaya mudik Lebaran yang mumpuni. Lakukanlah persiapan yang matang agar pengeluaran dapat anda perhitungkan dan kantong tidak jebol.
Pergunakanlah daftar ini untuk waspadai pengeluaran tak terduga saat mudik. Jangan lupa terapkan sebelum Anda melakukan mudik pada hari raya nanti.