News

Waze Perkenalkan Fitur Baru yang Mengingatkan Anda Agar Tidak Meninggalkan Anak di Mobil

[Gambar: AndroidPolice.com]
Aplikasi navigasi Waze sudah jelas dapat membantu Anda menunjukkan arah di jalan. Tapi tahukah Anda, kini aplikasi tersebut dapat mencegah Anda melakukan keteledoran seperti meninggalkan anak-anak di dalam mobil yang udaranya panas. Seperti yang dilansir dari The Verge, aplikasi ini telah memperkenalkan sebuah fitur baru yang dirancang untuk memperingatkan si pengemudi untuk tidak meninggalkan anaknya di dalam mobil.

Fitur baru yang dinamakan “Child Reminder” ini akan muncul ketika kendaraan telah sampai pada tujuan. Fitur ini akan menampilkan kotak dialog berisikan peringatan agar pengemudi tidak meninggalkan anak kecil di dalam mobil.

Menurut situs advokasi KidsandCars.com, sejak tahun 1990 rata-rata ada 29 anak meninggal karena heatstroke atau kepanasan karena ditinggal di dalam kendaraan. Meskipun pemerintah, rumah sakit, dan pihak yang berwenang telah mengeluarkan peringatan mengenai hal tersebut kepada orangtua dan pengemudi, namun kejadian seperti itu kerap terjadi.

Fitur ini juga rupanya tidak terbatas pada anak-anak saja. Pengemudi juga dapat mengatur notifikasi peringatan yang akan ditayangkan ketika mereka sampai ke tujuan. Mulai dari peringatan untuk tidak meninggalkan peliharaan, belanjaan, atau apapun yang harus mereka ingat setelah melakukan perjalanan panjang.

[Gambar: Anda dapat menulis sendiri teks peringatannya | geektime.com]
Fitur ini dapat ditemukan di bawah pengaturan aplikasi, tepat di bawah opsi untuk mencegah auto-lock (mengunci layar secara otomatis) dan opsi untuk menjaga agar aplikasi Waze selalu berada di layar teratas. Jika Anda merasa notifikasi itu mengganggu, Anda dapat menonaktifkannya dari shortcut yang terdapat pada jendela pop-up.

Mengingat kita sedang mengalami musim kemarau, menurut saya fitur ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan tentunya membuat perjalanan akan semakin aman dan nyaman. Selain itu, meskipun Anda tidak mempunyai anak atau peliharaan, Anda masih bisa menggunakannya untuk keperluan lain.

Sayangnya, untuk sementara fitur ini masih tersedia dalam versi beta dan belum dirilis secara publik. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID