Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Whatsapp Kini Bisa Membatalkan Pesan! Gimana Caranya?

[Sumber: phoneworld.com.pk]
Pernah salah mengirimkan pesan ke group? Atau mengirimkan file pekerjaan ke klien? Tentu itu menjadi mimpi buruk bagi Anda apalagi dalam hal karir dan pertemanan. Tapi kini, WhatsApp telah menghadirkan fitur baru dimana pengguna dapat menghapus pesan yang telah terkirim dalam waktu maksimal 7 menit. Pesan otomatis akan terhapus di obrolan Anda dan teman atau group.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

Langkah 1: Perbaharui Aplikasi WhatsApp

Perlu kamu ketahui salah satu syarat untuk dapat menghapus pesan di WhatsApp adalah dengan memperbaharui aplikasi tersebut dengan versi terbaru. Jadi, kalau kamu masih memiliki aplikasi lama jangan harap bisa menggunakan fitur ini.

 

Langkah 2: Hapus Pesan

Bila kamu telah memiliki aplikasi WhatsApp terbaru maka kamu bisa menggunakan fitur ini. Ingat: Pesan hanya bisa dihapus dalam jangka waktu maksimal tujuh menit setelah pengiriman.

Caranya: Tekan dan tahan beberapa detik pesan yang ingin dihapus. Lalu muncul kotak-kotak disebelah pesan, ini memungkinkan kamu untuk menghapus pesan lebih dari satu. Tekan simbol trash lalu pilih ‘Delete for Everyone’. Dengan demikian pesan akan terhapus di ruang obrolan.

Baca Juga:  Tips Untuk Membuat Ponsel Android Anda Jadi Semakin Aman

[Sumber: fonearena.com]
Bila kamu ingin menghapus pesan hanya untuk diri sendiri, silahkan pilih ‘Delete for me’. Maka pesan hanya akan hilang di ponsel kamu saja namun masih bisa dibaca oleh pengguna lain yang ada di dalam ruang obrolan tersebut.


Nah itu dia cara singkat untuk menghapus pesan di WhatsApp. Namun perlu kamu ketahui walaupun pesan telah terhapus, ada kemungkinan orang atau pengguna yang ada di ruang obrolan telah membaca pesan yang kamu kirimkan. Untuk itu kamu memang perlu berhati-hati dalam mengirimkan pesan.

Untuk menghindari salah kirim pesan, berikut kami sajikan langkah tepat dalam mengobrol di WhatsApp.

Jangan Membalas Pesan Terburu-buru

Salah satu penyakit kita adalah gemar membalas pesan dengan cepat apalagi bila obrolan sedang seru-serunya, misalnya curhat soal pacar. Nah, masalahnya kadang kita suka skip ketika asik ngobrol dengan dua orang secara bersamaan. Lalu tau-tau pesan yang seharusnya di kirim ke A malah di kirim ke B. Padahal kamu lagi ngomongin si B, hayoloh!

Baca Juga:  Cara Menggunakan Smartphone Android Sebagai Portable Wi-Fi Hotspot

Lihat Dengan Teliti Profile

Buat kamu yang jarang hati-hati dalam berkirim pesan, coba deh sekali-kali biasakan untuk melihat profile teman yang sedang mengobrol bersama dengan kamu. Hal kecil ini bisa menghindari kamu dari salah kirim pesan.

Nah buat kamu yang masih ngerasa gak perlu-perlu banget memerhatikan lawan bicara. Berikut kami sajikan dampak apa saja yang bisa terjadi bila sampai salah mengirim pesan!

  1. Kurang Profesional

Ini bisa banget terjadi bila kamu salah mengirim pesan yang seharusnya ke bos tapi malah ke klien. Kamu akan dianggap gak profesional dan etos kerja akan dipertanyakan. Belum lagi kalau gak sengaja membocorkan privasi perusahaan.

  1. Berseteru atau Terlibat percekcokan

Emang lebay sih, tapi siapa sih yang suka diomongin orang dari belakang? Nah, kalau sampai kamu salah kirim pesan ke orang yang lagi kamu gosipin pasti gak banget kan? Padahal sebenernya berteman baik cuman ada unek-unek yang mau dicurhatin ke teman lain. Kalau udah gitu bisa runyam kan persahabatan kamu?

Baca Juga:  Galaxy Note 7 Meledak Saat Mengisi Baterai, Samsung Tunda Distribusi Ponsel Tersebut

Beberapa hal tersebut mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kamu untuk berhati-hati dalam mengobrol via online. Karena sekarang serba zaman digital bukan gak mungkin kamu berseteru di dunia maya gara-gara salah kirim chat!