News

WhatsApp Luncurkan Aplikasi Desktop Untuk Mac dan Windows

[Gambar: Aplikasi Whatsapp untuk Desktop]
[Gambar: Aplikasi Whatsapp untuk Desktop]
Meskipun WhatsApp tengah terlibat masalah hukum di Brasil yang sempat membuat layanannya diblokir atas keputusan hakim setempat, tapi rupanya hal ini tidak menghentikannya untuk meluncurkan aplikasi desktop WhatsApp untuk Mac dan Windows.

Sama seperti WhatsApp Web, aplikasi desktop ini merupakan ekstensi dari ponsel penggunanya. Pada dasarnya, aplikasi ini akan mengsinkronisasi percakapan dan pesan-pesan yang sudah ada di perangkat seluler pengguna. Menurut postingan blog WhatsApp, aplikasi ini baru tersedia bagi Windows 8+ dan Mac OS 10.9+. Tentu saja, Anda harus sudah memiliki aplikasi WhatsApp pada perangkat seluler Anda sebelumnya. Aplikasinya sendiri tidak berbeda dengan WhatsApp web. Jadi jika Anda sudah pernah menggunakannya, menggunakan aplikasi desktop ini akan lebih mudah.

[Foto: Tampilan aplikasi WhatsApp pada Desktop]
[Foto: Tampilan aplikasi WhatsApp pada Desktop]
Untuk mengunduh aplikasi ini, anda bisa mengunjungi https://www.whatsapp.com/download dari browser desktop Anda. Kemudian, buka aplikasi tersebut lalu pindai kode QR dengan menggunakan aplikasi WhatsApp di telepon Anda. Anda bisa temukan pemindai dalam menu pengaturan > WhatsApp Web . Anda juga bisa menemukan opsi tersebut dengan cara masuk ke tab ‘Chat’, lalu klik ikon yang berupa tiga titik di ujung kanan atas aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda, dan pilih WhatsApp Web. Voila! Aplikasi desktop WhatsApp ini pun siap Anda gunakan. Sama seperti WhatsApp Web, aplikasi desktop yang baru memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan ke teman dan keluarga ketika Anda sedang tidak bisa memakai ponsel Anda.

Aplikasi desktop mungkin terdengar aneh, mengingat kebanyakan perusahaan teknologi justru fokus ke perangkat mobile. Tetapi sebenarnya tidak juga. Ada waktu-waktu di mana seseorang butuh fokus pada layar komputer (misal: pada waktu kerja), namun di saat yang sama tetap butuh berkomunikasi juga via WhatsApp (misal untuk urusan kerjaan). Dengan adanya aplikasi desktop ini, tentunya akan sangat memudahkan orang-orang seperti ini. Selain soal kenyamanan di desktop, aplikasi ini juga bisa meningkatkan daya saing WhatsApp dengan aplikasi-aplikasi pesaing seperti Facebook Messenger, Skype, dan Telegram.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID