News

Whatsapp Tawarkan Live Stories Ala Snapchat

[Gambar: WhatsApp di Playstore]
Banyaknya orang yang senang mengunggah dokumentasi keseharian mereka di media sosial (medsos) membuat Live Stories semakin marak. Snapchat berhasil mendatangkan tren baru yang menarik hati pengguna medsos. Pengguna medsos berbondong-bondong mengunduh aplikasi Snapchat, sedangkan developer medsos lain mulai menambahkan fitur baru yang menyerupai fitur unggulan Snapchat, Live Stories.

Live Stories dalam Snapchat terbukti inspiratif. Bukan hanya sensasi untuk mengunggah kegiatan yang sedang terjadi, namun berbagai fitur editing yang ditawarkan oleh Snapchat memang sangat menarik. Mulai dari mempercepat dan memperlambat video, menambahkan tag lokasi, memberikan tulisan dan gambar, serta emoji yang tentunya sangat memuaskan pengguna. Belum lagi terdapat filter ala Instagram yang dapat mempercantik dan memberikan kesan tertenu pada tiap video yang diunggah oleh pengguna.

Meskipun video dalam akun Snapchat tak bertahan lama, yaitu hanya 24 jam. Sistem tersebut tak menyurutkan niat pengguna untuk tetap bertahan mengunggah kegiatan sehari-hari mereka. Tak heran banyak pula figur publik yang menggunakan Snapchat untuk memuaskan penggemar mereka dengan mengkonsumsi keseharian sang idola, terutama selebritis tanah air.

Sebelumnya, aplikasi medsos Instagram dan Facebook sempat menyadur fitur Live Stories Snapchat untuk dapat diterapkan oleh pengguna pada aplikasi mereka. Kini giliran WhatsApp.

The Next Web menyatakan bahwa pada WhatsApp beta versi terbaru telah ditambahkan fitur di mana pengguna dapat menggambar dan menambahkan stiker di foto, serupa dengan fitur Live Stories Snapchat.

Di samping itu, terdapat pula fitur Retina Flash, di mana layar smartphone akan menyala untuk memberikan cahaya ketika pengguna sedang mengaktifkan kamera depan. Front-facing flash atau flash layar depan ini digunakan ketika pengguna akan membidik selfie di malam hari atau ketika pengguna sedang dalam kondisi yang minim cahaya. Cara menggunakannya hanya dengan mengaktifkan flash layar dan layar pun akan bercahaya dan memberi penerangan tambahan ke obyek selfie yaitu wajah pengguna.

Tribunnews mengatakan bahwa dalam WhatsApp versi 2.16.267 ini, foto dan video yang serupa dengan fitur Live Stories Snapchat dapat dengan mudah digunakan, hanya dengan menekan ikon kamera pada kolom chats pengguna.

Pertama kali digunakan, sekilas tampilannya tampak sama dengan versi lama, namun ketika pengguna mulai membidik objek akan terasa perbedaannya. Di sini tampilannya akan serupa dengan fitur Live Stories Snapchat.

Seperti dilaporkan oleh Kompas, di dalam WhatsApp versi beta ini pada bagian foto dan video terdapat pilihan penambahan teks, goresan pena, dan stiker yang dapat digunakan oleh pengguna seperti halnya dalam fitur Live Stories Snapchat.

Meskipun demikian, terdapat fitur di WhatsApp yang tak dimiliki oleh Snapchat yaitu pengguna bisa memotong gambar atau cropping. Sebaliknya, tidak ditemui fitur filter pada WhatsApp.

Bukan hanya foto, video WhatsApp beta pun kini sama dengan fitur Live Stories Snapchat. Sekarang pengguna dapat memperbesar lensa ketika sedang merekam objek sampai dengan empat kali pembesaran. Hanya dengan mem-pinch foto dengan cara mencubit layar dengan dua jari, gambar akan dapat dengan mudah diperbesar dan diperkecil. Cubitan ke luar untuk memperbesar, ssementara cubitan ke dalam untuk memperkecil objek.

Selain fitur foto dan video, dilansir dari Okezone, emoji WhatsApp kini lebih menyerupai emoji iOS dibandingkan dengan Android. Ukuran emoji WhatsApp kini pun semakin membesar. Ketika semakin banyak emoji yang digunakan oleh pengguna, semakin kecil ukurannya. Ketika pengguna hanya menggunakan satu emoji, ukurannya akan lebih besar.

Snapchat benar-benar digempur habis-habisan ya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID