News

WhatsApp Tengah Menguji Coba Fitur Baru Bernama “Status”

[Gambar: mashable.com]
Masih ingat usaha Facebook untuk mengakuisisi Snapchat? Usaha yang tidak membuahkan hasil ini rupanya tidak menghentikan Facebook untuk menghadirkan fitur mirip Snapchat pada anak perusahaannya, Instagram. Kini, WhatsApp (yang dimiliki oleh Facebook) juga dikabarkan tengah bereksperimen dengan fitur serupa yang dinamakan “Status”. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar maupun video yang akan menghilang setelah waktu 24 jam. Sama seperti Instagram Stories, pengguna juga bisa menghias konten yang akan dibagikan dengan emoji, teks, maupun coretan tangan.

Menurut Mashable, fitur ini baru hanya tersedia pada WhatsApp versi beta untuk perangkat iOS dan Android. Pengguna versi beta yang menggunakan iPhone yang sudah di­jailbreak dan perangkat Android yang sudah diroot sudah bisa mencoba fitur baru tersebut.

Pada aplikasi WhatsApp versi beta, tab fitur “Status” ini terletak diantara tab “Chat” dan “Call”. Untuk mengunggah sebuah konten “Status” yang baru, Anda cukup memilih ikon berupa lingkaran dan tanda tambah (+) yang ada di pojok kanan atas aplikasi. Anda juga bisa memposting foto atau video yang sudah tersimpan pada ponsel Anda. Setelah memilih media yang diinginkan, Anda bisa mendekorasi foto atau video tersebut. Anda juga bisa menambahkan caption pada postingan “Status” tersebut. Berbeda dengan Snapchat dan Instagram Stories, fitur “Status” pada WhatsApp ini tidak memberikan opsi bagi pengguna untuk menghapus konten yang sudah diposting. Ini artinya, Anda harus menunggu 24 jam hingga postingan tersebut secara otomatis dihapus.

Menurut spekulasi, fitur ini nampaknya tidak akan diluncurkan secara resmi dalam waktu dekat ini karena sekarang juga para penguji beta harus menginstall aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu sebelum menguji coba fitur baru ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID