News

Windows 10 Akan Dilengkapi Fitur Dynamic Lock Untuk Mengunci PC Saat Anda Beranjak Dari Depan PC

[Foto: microsoft.com]
Baru-baru ini, Microsoft merilis Windows 10 Preview build 15002 yang baru bagi anggota program Windows Insider. Build yang teranyar ini dilaporkan memiliki banyak fitur-fitur baru, seperti filter blue light, Flash blocker, theme management,  tab pratinjau pada browser Edge, dan Dynamic Lock. Fitur dynamic lock ini cukup menarik karena ia akan secara otomatis mengunci dan mengamankan komputer ketika pengguna menjauh dari komputernya.

Mungkin sebelumnya Anda sudah familiar dengan fitur bernama Windows Hello yang memungkinkan pengguna untuk login ke dalam komputer hanya dengan menggunakan sidik jari atau wajahnya. Dynamic lock ini pada hakikatnya seperti kebalikan dari Window Hello. Seperti yang dikutip dari Windows Central, meskipun pada build 15002 fitur ini disebut Dynamic Lock, namun nama sebenarnya adalah Windows Goodbye—yang rasa lebih terdengar pas dibandingkan Dynamic Lock. Fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna yang suka menyimpan informasi penting dan rahasia pada komputernya. Dengan begitu, ketika pengguna beranjak dari depan komputer dan lupa mengunci kompternya, sistem tersebut bisa secara otomatis mengunci komputer tersebut.

Masih belum ada informasi lebih lengkap mengenai bagaimana cara Windows bisa mengetahui bahwa pengguna sedang beranjak dari komputernya. Ada kemungkinan fitur ini menggunakan teknologi yang sama seperti pada fitur Windows Hello. Yang jelas, fitur ini tidak akan langsung mengunci komputer Anda jika Anda baru beranjak sesaat dari komputer Anda. Sama dengan Windows Hello, sepertinya fitur ini juga hanya bisa digunakan pada perangkat yang sudah bisa mendeteksi wajah atau memindai sidik jari—seperti Surface Pro 4 atau Surface Book.

Yang jadi pertanyaan, lalu apa bedanya fitur Dynamic Lock/Windows Goodbye ini dengan fitur lock otomatis setelah komputer tidak digunakan selama beberapa menit—yang notabene sudah ada sejak jaman Windows 8 lalu? Kita tunggu saja informasinya setelah fitur ini dirilis secara umum.


Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID