News

Yahoo Luncurkan Aplikasi Khusus Yang Menampung Semua Bot Pada Layanannya

[Gambar: venturebeat.com]
Yahoo dikabarkan telah meluncurkan sebuah aplikasi yang menampung semua bot-nya. Aplikasi yang bernama Yahoo Bots ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan percakapan dengan bot yang ada.

Penampilan Yahoo Bots ini cukup sederhana dan mudah untuk digunakan. Pertama, Anda cukup memilih bot yang diinginkan pada tab “Bots” lalu memulai pembicaraan dengan bot yang diinginkan. Yahoo Bots ini akan mencakup asisten virtual Yahoo seperti bot Yahoo news, weather, dan finance. Anda juga dapat menengok Monkey Pets, sebuah bot berupa monyet yang bisa Anda pelihara dengan cara memberinya emoji makanan. Bagi penggemar game olahraga, Blitz, sebuah bot untuk membantu pemain Fantasy Football melakukan riset terhadap tim dan manajernya. Selain menyediakan statistik, Blitz juga dapat memberikan berita mengenai pemain dan rekomendasi pemain. Menariknya, Yahoo Bots ini juga telah terintegrasi dengan Siri, sehingga pengguna Yahoo Bots dapat mengirimkan pesan kepada bot di dalam Yahoo Bots dengan perintah suara. Ide bahwa kita menggunakan AI untuk berbicara dengan AI ini cukup menarik juga.

[Gambar: Engadget.com]
Yahoo juga mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk mengeksplorasi semua kesempatan yang ada, bahkan jika itu berarti adanya integrasi dengan pihak ketiga. Selain itu juga, dilaporkan bahwa Yahoo akan menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi. Untuk sementara ini, Anda hanya dapat berbincang dengan bot saja. Tidak seperti aplikasi pesaingnya (seperti Facebook Messenger), Yahoo memisahkan bot nya dengan aplikasi Yahoo Messenger. Namun, tentunya ada kemungkinan Yahoo akan menambahkan bot ke dalam messenger-nya.

Aplikasi ini sudah bisa diunduh secara gratis melalui Google Play (Android) dan App Store (iOS). Namun, melihat dari kecilnya rating yang diraih aplikasi ini, nampaknya Yahoo masih harus berusaha mengoptimalkan dan mengatasi kelemahan pada aplikasi bot-nya ini agar bisa memenuhi permintaan pasar.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID