Home  »  News   »  
News

Yang Kangen Nintendo Klasik, Begini Cara Termutakhir untuk Memainkannya

RetroN HD [Foto: IGN]
Bagi pencinta Nintendo akut, memang rada-rada susah untuk beralih dari game-game lama konsol tersebut, terlebih dari era 80 hingga 90-an. Sebab di tahun-tahun tersebut, Nintendo bisa dibilang sangat tajam menancapkan kukunya pada hati para gamers. Setidaknya, “luka” tersebut masih berbekas sebelum kedigdayaan Nintendo mulai tergeser oleh PlayStation. Kalau ragu, tengok saja betapa membekasnya franchise Super Mario sampai The Legend of Zelda di benak banyak orang.

Lantas di era yang jauh lebih modern seperti sekarang, bagaimana kalau para pemain Nintendo merindukan game-game klasik retro tersebut? Untungnya, para provider tidak tinggal diam, karena game-game yang dirilis Nintendo Entertainment System atau yang biasa disebut NES bisa segera dinikmati kembali oleh para pemainnya yang ingin bernostalgia.

Karena konsol-konsol lama dari Nintendo seringkali dijumpai sudah dalam kondisi rusak dan usang, muncullah konsol terbaru dari Hyperkin yang disebut RetroN HD. Secara bentuk dan rupa, sebetulnya konsol ini hampir menyerupai Nintendo keluaran tahun 1983. Namun kabarnya, cartridge yang akan bisa dimainkan oleh konsol ini bisa berkualitas HD.

Sebetulnya, bukan pertama kali ini Hyperkin mengeluarkan konsol lawas. Sebab sebelumnya, mereka juga telah merilis versi terbaru dari Game Boy Advance (GBA), SNES, dan Sega Genesis untuk kepentingan yang utamanya menyasar para gamer yang rindu masa lalunya. Kali ini, mereka memperlengkapnya dengan melahirkan versi terbaru (atau replika) dari NES. Mengusung misi yang hampir sama, dengan resolusi 720 piksel, konsol generasi baru itu mampu menampilkan grafis yang jauh meningkat ketimbang versi klasiknya, meskipun belum Full-HD apalagi 4K.


Kompatibilitas konsol game ini juga mendukung PAL dan NTSC, sehingga akan tetap cocok dengan format cartridge milik Nintendo. Sedikit banyak, produk ini bakal memantik kembali ingatan para gamers lawas yang di masa lalu masih harus secara manual menancapkan kabel pada konsol ke TV. Konsol yang satu ini juga dilengkapi dengan kabel sepanjang 3 meter untuk menjembatani antara konsol dengan TV menggunakan kabel yang support resolusi HD.

Yang unik adalah bahwa konsol game ini juga memiliki USB charge cable. Tak cukup jelas Apa fungsi dari kabel USB tersebut, hanya saja akan ada indikasi bahwa para gamers yang memainkan game lewat console ini bisa kemudian mengunduh beberapa game lainnya lewat situs-situs tertentu dan kemudian ditransfer ke dalam RetroN HD.

Namun, kelebihan ini justru berpotensi mengurangi kesan klasik dari mesin tersebut. Karena menurut situs Mashable, game-game yang akan disediakan bagi para calon konsumen bersifat pre-installed. Otomatis, peran game dalam cartridge akan terkikis. Padahal salah satu poin yang paling ikonik dari NES adalah cartridge itu sendiri.
Lebih lanjut, kabarnya ada lebih kurang 30 game yang akan jadi starterpack RetroN HD. Konsol game yang akan tersedia dalam dua opsi warna, yakni hitam dan kelabu ini, akan dirilis mendekati ujung bulan ini dengan banderol 40 USD atau kurang lebih nyaris mencapai Rp600 ribu.

Namun tentu saja akan jadi kendala bagi para penggemar game-game klasik yang ada di Indonesia jika berminat memboyong RetroN HD. Soalnya, harga tersebut harus ditambahkan dengan ongkos untuk biaya pengiriman. Jika berminat untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu atau pre-order, Anda bisa mengunjungi dan memburunya di situs resmi Hyperkin atau Amazon.

Sebagai informasi tambahan, Hyperkin sendiri adalah vendor yang fokus menggarap industri gaming. Selain merilis perangkat nostalgia seperti yang sudah dijabarkan di atas, mereka juga membantu proses pembuatan, desain, dan distribusi beragam aksesori untuk platform game ternama, dari Nintendo Switch sampai Xbox One.