News

YouTube Akhirnya Meluncurkan Fitur Jejaring Sosial yang Bernama Community

[Gambar: youtube.com]
YouTube telah meluncurkan Community, sebuah layanan jejaring sosial pada YouTube yang akan memberikan wadah bagi para YouTuber untuk berkomunikasi dengan penontonnya. Meskipun begitu, untuk saat ini Community ini masih berada dalam versi Beta.

Anda dapat menemukan fitur Community ini pada beberapa channel YouTube pilihan. Pada intinya, fitur jejaring sosial ini akan memberikan wadah bagi para YouTuber untuk berbagi konten dengan fansnya—seperti foto, gambar, animasi GIF, dan live video—tanpa harus memposting video. Subscriber channel tersebut dapat memilih untuk menyalakan notifikasi yang akan memberitahu jika YouTuber favorit mereka membuat postingan di Community. Dalam aplikasi mobile YouTube, fitur ini dapat ditemukan pada subscriptions feed.

[Gambar: googleblog.com]
Bagi para penonton dan subscribers, interaksi mereka dengan para YouTuber ini tetap terbatas pada mengirim komentar maupun me-like postingan. Namun, YouTube menjanjikan bahwa mereka akan segera memberikan fitur-fitur baru bagi para pengguna dalam beberapa bulan ke depan. Untuk saat ini, layanan Community memang hanya akan dibatasi bagi para YouTuber terpilih. Jadi, sebenarnya masih belum bisa dipastikan apakah fitur ini akan diluncurkan ke publik.

Salah satu channel YouTube yang terpilih untuk mendapatkan akses Community ini adalah channel vlogbrothers. Channel yang digawangi oleh John Green (yang merupakan seorang novelis yang merangkap sebagai vlogger) dan adiknya, Hank Green ini sudah mulai mencoba beberapa fitur baru pada layanan Community.  Di dalam feed Community-nya, bisa dilihat bahwa vlogbrothers membuat postingan seperti review buku dan live video. Menarik, bukan?

Channel lain yang sudah mendapatkan akses ini di antaranya adalah: AsapSCIENCEThe Game TheoristsKarminThe Key of AwesomeThe KloonsLilly SinghPeter HollensRosianna Halse RojasSam Tsui,Threadbanger, dan VSauce3.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID