News

YouTube Berencana Tambahkan Fitur Mirip Jejaring Sosial Pada Layanannya

[Foto: imore.com]
[Foto: imore.com]
YouTube dikabarkan tengah mengembangkan aspek sosial pada layanannya dan membangun sebuah fitur baru bernama “Backstage.” Berdasarkan laporan dari Venture Beat, para pengguna dapat berbagi foto, jajak pendapat, tautan, teks, dan video kepada orang-orang yang mengikuti (men-subscribe) channel YouTube mereka.

Menurut informasi dari orang dalam yang tidak disebutkan namanya, fitur Backstage ini akan diluncurkan pada musim gugur di aplikasi mobile dan situs YouTube. Sayangnya, pada saat peluncuran perdananya, Backstage baru bisa diakses oleh beberapa akun-akun populer di YouTube dengan fitur yang terbatas.

Sepertinya, langkah ini diambil sebagai respon terhadap ekspansi oleh layanan jejaring sosial lain seperti Instagram, Snapchat, Facebook, dan Twitter terhadap fitur videonya. Sebagai salah satu platform berbagi video terbesar di dunia, YouTube tentunya tidak mau kalah dari yang lain.

Belum ada informasi lebih jelas mengenai fitur apa saja yang akan tersedia pada peluncuran perdana Backstage. Yang jelas, sepertinya YouTube ingin mendorong penggunanya untuk berbagi lebih banyak video pada platformnya—baik itu video konvensional yang biasa kita lihat di YouTube, atau pada fitur Backstage nya yang akan datang. Meskipun belum ada konfirmasi mengenai fitur ini, tapi banyak yang memprediksi bahwa konsep postingan atau video yang dibagi pada Backstage ini serupa dengan Snapchat atau Instagram Stories.

Kehadiran Backstage menandai perubahan besar pada YouTube yang pada awalnya hanya berfokus pada layanan berbagi video. Kini, dengan wadah yang memungkinkan ‘seleb YouTube’ untuk berinteraksi lebih dekat dengan audiensnya, diharapkan mereka bisa lebih betah untuk menggunakan YouTube. Tapi ini bukan berarti YouTube akan banting setir menjadi platform jejaring sosial. Layanan utama mereka tetaplah berupa platform untuk berbagi dan menonton video, namun Backstage akan menjadi pendamping yang pas bagi pengguna YouTube untuk mendiskusikan video yang ada pada layanan tersebut.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID