News

YouTube Hadirkan Layanan YouTube Director Untuk Permudah Pengusaha Membuat Video Iklan

[Foto: tubefilter.com]
YouTube dikabarkan telah meluncurkan serangkaian perangkat untuk membuat iklan yang dinamakan YouTube Director. Produk-produk tersebut dirancang untuk mempermudah para pengusaha, terutama pengusaha kecil, untuk merekam dan mengedit video iklan yang bisa ditayangkan di YouTube.

YouTube Director ini menyajikan banyak pilihan template yang dilengkapi dengan prosedur untuk membantu penggunanya membuat iklan.  Di dalamnya juga terdapat fitur-fitur untuk menambahkan teks dan animasi untuk membuat iklan semakin menarik.

Template dalam aplikasi tersebut dikategorikan berdasarkan jenis video dan jenis bisnis. Contohnya, ada template khusus e-commerce, jasa profesional, atau real estate. Template tersebut akan meminta keterangan mengenai produk yang ditawarkan atau meminta testimoni dari masing-masing pelanggan.

YouTube Director ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile yang memungkinkan para pengguna membuat iklan langsung dari smartphone mereka.  YouTube menyatakan bahwa produk barunya ini sangatlah user-friendly dan mudah digunakan, sehingga orang yang tidak berpengalaman dalam pengeditan pun bisa menggunakannya.

Dalam video promosinya, YouTube menyajikan testimoni dari Woody Lovell Jr., pemilik The Barber Shop Club sebuah tempat potong rambut di Los Angeles yang telah menggunakan aplikasi ini untuk merekam dan mengedit iklannya yang bisa dilihat di sini. Sementara itu, untuk menyebarkan iklannya, Woody memanfaatkan jasa Google Adwords.

YouTube juga mengatakan bahwa pengembang aplikasi juga bisa menggunakan YouTube Director ini cukup dengan memberikan logo, screenshot, dan beberapa aset lainnya yang dibutuhkan. Setelah itu, secara otomatis YouTube akan membuat video iklannya berdasarkan template yang dipilih. Sayangnya, untuk saat ini aplikasi ini baru bisa digunakan oleh pengguna iPhone di Amerika Serikat dan Kanada.

Bagi pengusaha yang tidak mau membuat iklannya sendiri, Youtube telah menciptakan suatu program yang bisa mengirim tenaga profesional untuk merekam dan mengedit video iklan itu secara gratis, dengan syarat mereka telah  membelanjakan $150 di Youtube Ads.  Layanan ini baru tersedia di beberapa wilayah seperti Atlanta, Boston, Chicago, Los Angeles, San Francisco, dan Washington D.C.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID