News

YouTube Kenalkan Terobosan Baru, Live Streaming 360 Derajat

[Foto: freestocks.org]

YouTube, pelopor situs berbagi video (video sharing) yang bermarkas di California ini kembali memanjakan penggunanya dengan fitur live streaming 360° yang terbaru. Meskipun fitur video 360° sendiri sudah diperkenalkan sejak Maret 2015 lalu, namun baru kali ini pengguna bisa menonton secara live—tepat ketika acara sedang berlangsung. Artinya, kini anda bisa ikut mengalami dan merasakan sensasi menyaksikan sebuah pertunjukan live meskipun anda sama sekali tidak beranjak dari sofa anda.

Tahun ini, salah satu perhelatan musik terbesar di Amerika Serikat, Coachella, terpilih menjadi acara pertama yang ditayangkan dalam format tersebut. Dalam pernyataannya, Neal Mohan selaku Chief Product Officer YouTube mengatakan bahwa fitur ini membuka kesempatan bagi masyarakat dunia untuk ikut mengalami secara langsung hal yang sebelumnya tidak bisa mereka alami. “Anak-anak yang ingin pergi menonton sebuah pertandingan basket atau konser musik secara langsung akan mendapatkan akses untuk mengalaminya sendiri secara langsung, meskipun mereka berada jauh dari lokasi pertandingan [dan pertunjukan].”

Selain itu, kini YouTube juga mendukung “audio spasial” untuk berbagai video-video pilihan. (Sayangnya, untuk saat ini video live streaming belum didukung oleh 3D audio). Dengan fitur ini, audio disajikan dalam tingkatan yang berbeda, sesuai dengan sumber aslinya. Jadi, selain bisa menikmati sebuah pertunjukan dari berbagai sudut, anda juga bisa mendapatkan pengalaman mendengarkan audio layaknya di kehidupan nyata. Jika anda penasaran dengan video 360° yang didukung dengan 3D audio ini, anda bisa menyaksikan kompilasinya di sini.

Yang lebih menariknya, fitur-fitur ini dapat anda nikmati tanpa harus merogoh kocek lagi untuk membeli perangkat tambahan seperti Oculus Rift atau Samsung Gear. Anda bisa mencicipi sajian video 360° ini melalui aplikasi YouTube versi terbaru di perangkat android maupun iOS anda. Khusus bagi anda yang ingin menyaksikannya di komputer, browser yang sudah didukung fitur ini di antaranya Chrome, Firefox, Internet Explorer, dan Opera.

Tinggal menunggu waktu saja, kapan brand-brand akan mulai melakukan aktifitas pemasaran digitalnya di fitur barunya ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID