News

YouTube Untuk iOS Kini Dukung Perangkat Google Cardboard

[Foto: Digitaltrends.com]
[Foto: Digitaltrends.com]
Kabar baik untuk para pengguna perangkat iOS: Google telah mengumumkan bahwa aplikasi YouTube untuk iOS kini mendukung perangkat Google Cardboard. Jadi, sekarang Anda juga bisa menikmati semua video 360 derajat YouTube (tidak hanya video virtual reality saja) pada perangkat iOS Anda dengan menggunakan Cardboard. Google sendiri sudah memberikan fitur tersebut bagi aplikasi YouTube untuk Android sejak bulan November tahun lalu.

Perlu diingat, sebenarnya sejak tahun lalu juga Anda sudah bisa menonton video 360 derajat di perangkat iOS Anda. Hanya saja, Anda baru bisa menikmatinya dengan cara menggerak-gerakkan perangkat Anda ke berbagai arah atau menggesernya dengan jari Anda. Tidak praktis dan bikin pegal juga kan kalau Anda harus terus-menerus mengarahkan perangkat Anda dengan tangan?

Dengan update ini, nampaknya Google ingin memperkuat posisi Google Cardboard sebagai alternatif perangkat VR yang lebih terjangkau dibandingkan dengan HTC Vive atau Oculus Rift. Tentunya, YouTube sebagai situs populer yang memiliki kurang lebih satu milyar pengguna aktif akan menjadi media yang tepat untuk meningkatkan brand awareness terhadap Cardboard.

Bahkan, Google juga memberikan template dan panduan untuk merakit Cardboard Anda sendiri secara cuma-cuma. Tapi jika Anda tidak mau repot-repot membuat Cardboard sendiri, Anda bisa langsung membelinya dengan harga yang murah. (Di Indonesia juga Anda bisa dengan mudah membelinya melalui situs-situs eCommerce seperti Tokopedia atau Bukalapak dengan kisaran harga Rp 20ribu–50 ribu saja).

Untuk mencoba fitur baru ini, Anda hanya perlu memutar sebuah video di dalam aplikasi YouTube, sentuh layar, tekan gambar tiga titik di sudut kanan atas layar, lalu pilih opsi Cardboard. Kemudian, kenakan iPhone Anda di dalam headset Cardboard yang Anda miliki.

Bagi Anda yang penasaran ingin mencoba fitur baru ini, Anda bisa langsung mengunduh aplikasi YouTube untuk iOS versi 11.18 di App Store.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID