Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Yuk, Intip Peluang Bisnis Rumahan Trend 2016 yang Bisa Dicoba!

Banyaknya peluang usaha rumahan dengan modal kecil membuat orang-orang berani mencoba hingga mampu membangun usaha sendiri. Seiring trend belanja online yang terjadi di masa kini, tak hanya membuka toko fisik di dunia nyata, melainkan juga toko online di internet. Sehingga mereka mampu menjangkau calon pelanggan di seluruh dunia. Berikut ini beberapa peluang bisnis rumahan trend 2016 yang bisa dicoba di antaranya yaitu:
 
 

1. Jasa Menjahit

Banyak orang membutuhkan jasa menjahit pakaian dengan berbagai model dan ukuran tertentu, merekalah yang pasti selalu mencari penjahit. Usaha rumahan ini sangat cocok untuk orang yang punya minat pada fashion, tentunya Anda harus punya kemampuan menjahit pakaian, di antaranya celana jeans, kaos, kemeja baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Ini menjadi salah satu bisnis rumahan trend 2016 yang bisa peluang.
 

2. Usaha Kuliner

Apabila Anda memiliki resep makanan unik serta digemari banyak orang, maka pertimbangkan peluang usaha rumahan kuliner ini. Usaha ini sangat cocok untuk seseorang yang kreatif dan percaya diri, karena tantangan akan selalu datang terutama di saat keperluan branding produk makanan. Jadi, ini merupakan salah satu bisnis rumahan trend 2016 yang menjadi peluang bagi Anda. Banyak dari mereka yang sukses menjalankan usaha kuliner hingga berkembang dan membuka cabang di berbagai tempat.
 

3. Pangkas Rambut

Semua orang yang hidup di dunia, baik pria maupun wanita perlu memotong rambutnya. Inilah yg menjadi peluang usaha baik bagi Anda yang memahami gaya tata rambut. Anda hanya perlu memenuhi peralatan seperti gunting, sisir, kaca, alat potong listrik, dan kursi untuk memulainya. Terakhir carilah letak posisi yang strategis untuk menghindari persaingan. Terobosan terbarunya, sekarang ini ada yang membuka jasa pangkas rambut dengan cara panggilan. Jadi, Anda akan mendatangi pelanggan yang ingin menggunakan jasa Anda memangkas rambut dan mendatangi pelanggan tersebut. Eksekusi bisa dilakukan di tempat pelanggan tersebut dan Anda hanya cukup membawa segala peralatan. Menarik, bukan?
 

4. Membuka Studio Foto

Jika Anda seorang yang ahli menjepret foto maka Anda bisa memulai bisnis studio foto di rumah. Semakin banyaknya kamera digital murah tidak menyurutkan peluang usaha membuka studio foto ini. Sebab masih banyak pula orang yang ingin mengabadikan momen dengan penanganan seorang fotografer profesional. Calon pelanggan di antaranya adalah sekolah yang memerlukan jasa studio foto untuk foto ijazah atau buku tahunan, pasangan pernikahan juga khitanan. Namun, peluang usaha rumahan ini memerlukan peralatan yang lengkap, yakni kamera, komputer, lampu, background, dan lainnya. Jadi, Anda harus memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk membuka bisnis ini.
 

5. Membuka Warung atau Toko Sembako


Peluang usaha rumahan ini sudah banyak yang menerapkannya karena sangat mudah dijalankan, oleh karena itu kita harus menganalisa tingkat persaingan yang ada sesuai lokasi dan modal yang kita miliki. Usaha warung atau toko sembako menjadi salah satu bisnis rumahan trend 2016.
 

6. Jasa Percetakan Digital

Untuk membuka sebuah usaha digital printing, kita tidak harus memiliki mesin cetak dan modal besar. Kini sudah banyak orang yang menjadi perantara atau broker. Kita bisa bermitra dengan percetakan digital yang sudah berjalan. Namun, sebagai modal awal tentunya kita harus memiliki keahlian dalam mengedi foto minimal melalui Corel Draw dan Photoshop.
 

7. Membuka Warnet (Warung Internet)

Semakin banyaknya orang-orang yang melek akan kebutuhan informasi saat ini maka semakin besar peluang usaha warnet. Anda pasti sukses menjalankan peluang usaha rumahan ini asal mau membukanya selama 24 jam di letak usaha yang strategis dan nyaman. Selain itu, spesifikasi komputer juga menjadi kunci kesuksesan usaha warnet yang terpenting komputer tidak lelet. Sediakan pula makanan ringan serta minuman untuk menambah penghasilan.
 

8. Menyewakan Tanaman Hias

Bila Anda suka menanam tanaman hias dan tinggal di perkotaan maka peluang usaha penyewaan tanaman sangat cocok untuk Anda jalani. Banyak perkantoran, mall, universitas, dan gedung-gedung lainnya yang membutuhkan jasa ini. Berbagai acara penting pun seperti pernikahan, seminar dan workshop membutuhkan jasa penyewaan tanaman hias untuk menghiasi acaranya. Yang terpenting dalam menjalankan usaha rumahan ini Anda harus memahami perawatan berbagai jenis tanaman hias. Kunci keberhasilan usaha rumahan ini ialah bagaimana Anda bisa menawarkan proposal kerjasama sekaligus mendekati pelanggan yakni panitia yang berkepentingan mengurus dekorasi gedung atau suatu acara.
 

9. Membuka Les Privat

Peluang usaha rumahan ini tidak akan pernah mati selama masih ada anak-anak yang bersekolah. Orangtua mana yang tidak ingin anaknya pandai? Bila kita punya kemampuan pada bidang tertentu, seperti agama, matematika, bahasa Inggris, computer, dan lain-lain, kita bisa menawarkan jasa les privat kepada para orangtua. Selain itu, keahlian gitar, menyanyi, piano juga banyak peminatnya untuk diberikan les privat. Anda bisa mencoba peluang bisnis les privat karena ini merupakan salah satu bisnis rumahan trend 2016 yang berpeluang menguntungkan.
 
Setelah Anda mengetahui bisnis rumahan trend 2016 ini, Anda tentu bisa terinspirasi dan membuat ide-ide baru dan mempraktikkan bisnis rumahan tersebut. Selamat berbisnis!